Trip Serayu Dieng


Tanggal 10-12 Juni 2011 lalu gw kembali trip dengan @picnicholic kali ini jarak tempuh lebih jauuuuh tujuan adalah Wonosobo - Banjarnegara, Jawa Tengah.
berangkat jumat malam langsung dari kantor menuju meeting point di Pom Bensin daerah Auri Pancoran. Peserta total ada 15 orang.
mari diabsen ada Mbak Atiek, Tika, Iin, Dhanu, Satriyo, Titi, Ara, Yoga, mbak Wiwied, Kiki, Stevie, Bapak & Ibu (siapa namanya yaa kk gw lupa,, maaf intinya mereka suami istri yang menggantikan anaknya gak bisa ikut trip ini) :)
start perjalanan jam 9 malam dari Jakarta, so selama di jalan gw jelas lebih banyak tiduuuurrrr hehehe... secara capek yaa pagi-sore di kantor *alasan dan emang kita butuh istirahat yang banyak karena besok pagi sampai kita langsung rafting di Sungai Serayu 18km.
kita terbagi 3 perahu,, dan i dunno guidenya kok bagusan hendry yg di citatih yaa,,, yang ini biasa aja,, perahu jalan lempeng aja gak sampai ekstream gw basah kuyup,,, but anyway yang ini tetep seru kok hahaha,,,
selesai berarung jeram, bersih-bersih, dan makan,, kembali gw berpikir bakalan ada pijat2 enak kayak di cherokee ternyata maaf saudara-saudara gak ada tuh hehehe,,,, selesai. kita melanjutkan perjalanan menuju penginapan di Dieng. jalan naiknya sama kayak puncak dan ini kita foto di persingahan katanya sih tanjakan 17% tapi gw search di google gak ada yaaa hehehe....
dari puncak ini kita bisa liat pemandangan luas ke bawah, persawaha, perumahan dan suhunya udah mulai rendah, dinginnya udah mulai terasa. setelahnya kita melanjutkan perjalanan,, sampai di penginapan kurang lebih jam 4 sore, taruh barang, minum, nyemil sambil kenalan sama pemilik rumah selanjutnya kita jalan kaki menuju Komplek Candi Arjuna,, dan liat dooonk semua udah ganti kostum dengan jaket tebal, kaos kaki, kaos tangan, kupluk :)
Candi Arjuna adalah sebuah kompleks candi Hindu peninggalan dari abad ke-7-8 yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Dibangun pada tahun 809, Candi Arjuna merupakan salah satu dari delapan kompleks candi yang ada di Dieng. Ketujuh candi lainnya adalah Semar, Gatotkaca, Puntadewa, Srikandi, Sembadra, Bima dan Dwarawati.
pas kita kesana di salah satu candi ada beberapa orang yang sedang melakukan ritual keagamaan,,
Komplek Candi ini buat gw masih butuh perawatan dan perbaikan dari pemerintah khususnya, dan akan ada Dieng Festival yaitu ruwatan untuk anak-anak yang berambut gimbal yang akan diselenggarakan 2 minggu setelah gw kesana sekitar tgl 2-3 juli yang lokasinya di perataran komplek Candi Arjuna.

karena sudah jelang maghrib dari komplek Candi Arjuna kita kembali ke penginapan, makan malam sambil sesi perkenalan,, dan dari semua gak ada yang berani mandi,, airnya dingiiin abisss,,, cuci tangan aja berasa pegang air es.
jelang malam beberapa ada yg sudah milih tidur, atau kayak Dhanu yang milih ngerjain tugas kantor,, sumpah baru kali ini gw ketemu teman trip bawa laptop dan ngerjain tugas kantor hahahaha,,, gw dengan beberapa anak main kartu Uno seru aja gitu,,,
schedule pagi besok adalah melihat sunrise di Cikunir.. semua tidur dengan senjata perang masing-masing suhunya mungkin under 20 derajat dingiiin banget,, dan disaat yang lain udah lelap tidur gw sama sekali gak bisa tidur masih ngetweet, buka email,, so thanks telkomsel masih bagus ke wilayah pengunungan Dieng,,
Dieng merupakan dataran tertinggi kedua di dunia setelah Nepal dan merupakan dataran tinggi terluas di Pulau Jawa. Secara administrasi Dataran Tinggi Dieng adalah milik dua Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.
setelah subuh kita berangkat dari penginapan menuju pegunungan Cikunir/ Sikunir,, lumayan juga trekingnya secara nyawa masih setengah sadar udah langsung suruh nanjak naik gunung ;( dengan ketinggian kurang lebih 2500 M dan jelas banget pas sampai atas rasa capek nya ilang puas banget liat pemandangan dari atas dan kita juga bisa liat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro
kereeen lah walapun untuk liat itu lu musti treking yang bikin nafas mau abis, kaki pegel gelaaaa :)

anyway pas gw bilang mau ke Dieng beberapa orang sekitar gw agak sangsi karena pemberitaan media bilang bahwa Dieng gak aman, nyatanya DIENG AMAN pastinya tempat yang gw kunjungi sangat aman, yang tidak aman lebih ke dataran kawah Timbang yang memang disana ada gas beracunnya, jadi bukan berarti di cap semua dieng gak aman kan.
Dibawah dataran Sikunir ada Telaga Cebong, disamping dimanfaatkan untuk pariwisata, juga di manfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian berupa tanaman sayur mayur. Para petani kentang dan sayur sangat bergantung pada telaga ini, terutama di musim kemarau pada bulan - bulan tertentu seperti saat ini yg musimnya tidak bisa di perediksi. disebut Telaga Cebong karena bentuknya seperti Cebong.
FYI di pertengahan tahun wilayah Dieng mengalami titik beku lupa gw istilahnya apa, jadi pas pagi embun air pagi itu bentuknya udah gak air lagi tapi es, sangking dingin suhu disana.

Perjalanan selanjutnya adalah Kawah Sikidang yang merupakan salah satu kawah yang ada di Dieng sangat menarik untuk dilihat dari jarak yang sangat dekat, bahkan banyak yang suka mencelupkan kaki atau tangannya kedalam air kawah yang bertemperatur sekitar 60˚C - 70˚C. Ada banyak lubang kawah di area ini. Dan yang paling besar panjangnya sampai 30 meter. Satu hal yang menarik adalah ditemukannya bakteri thermofilik (bakteri yang suka hidup di air panas) menunjukkan bahwa gunung Dieng adalah gunung vulkanik purba. legenda cerita rakyat tentang Kawah Sikadang bisa buka disini http://dongengceritarakyat.blogspot.com/2011/05/legenda-kawah-sikidang.html
next kita ke Telaga Warna yaitu telaga warna yang kabarnya sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. setelahnya kita sempat ke Dieng Plateau Theater pemutaran film tentang Pegunungan dieng. dan berakhirlah acara jalan-jalannya di Wonosobo, gak ketinggalan beli 1dus Carica yang ternyata bikin nagiiiih....
pulang ke Jakarta sepanjang perjalanan kembali tiduuur lagi, dan gw baru sampai rumah itu jam 3pagi hari senin,,, UNTUNGnya yaaaa gw ngambil cuti jadi bisa tidur puass *tewtep...
so, senang banget bisa kenal dan jalan-jalan bersama kalian... *hugs

foto-foto dari kamera Dezz, Mbak Atiek, Ara, dan Tika. thankyooou
Note: kalo foto kurang jelas bisa di klik perbesar yaaa

1 comments:

Ufnia Enggar said...

kapan niih rafting lagi ma qta?
tinggal coba yang trip atas..Lebih kereen daaah..
:D

Post a Comment