KumKum 2010


Ini merupakan ajang kumpul kumpul komunitas secara gak langsung konsep kumpul2 komunitas udah pernah ada dan dibuat ingat doonk dengan ICE yang di Senayan beberapa waktu lalu hamper semua komunitas kumpul blek disana dari otomotif, hobby dll…. But heey kita bahas KUMKUM

Kumpul komunitas ini berbeda dengan ICE secara jumlah komunitas yg ikut serta gak sebanyak di ICE kurang lebih hanya 50 komunitas, dan yang pantut di garis bawahi acara ini pure TANPA ADA SPONSOR. Jadi yaaa bebas gak terlalu mengengkang dan ikut aturan dengan sang sponsor.. bebas,,

Bebas terikat dari sponsor tapi Kumkum punya ‘misi’ yang dibagikan tag linenya adalah untuk berbagi dan berbuat. Bertempat di Museum Bank Mandiri Kota dari tgl 17-18 April 2010, gw sih menganggap acara ini pilihan bagus buat kamu, sekeluarga untuk datang (telat boo promonya). Gw dating dan turut ‘partisipasi’ adalah karena komunitas gw 1001 buku ikutan dan mengisi salah satu stand disana dang w pun ikutan gabung menjadi bagian dari team Zero Waste.. nanti gw jelasin zero waste itu apa yaa!!

Banyak hal yang harus di jalankan oleh pengunjung.. gak ribet siih tapi lebih kea rah berbuat baik. Ok acara kumkum ini FREE dan kalo kamu punya buku bekas layak baca disana ada tempat buat menyalurkannya yaitu komunitas gw 1001 buku, lumayan kita dapat sumbangan buku yang banyak dan masih bagus2 (thank you yang udah nyumbang).

Dibeberapa area disediakan banyak tempat sampah dan gak hanya 1 tapi banyak dan berkategori, intinya adalah kita diajak untuk memilah sampah secara sederhana.
Ada sampah daur ulang; yaitu sampah yang bekas botol minuman, kaleng, tetrapak,
sampah organic: sampah daun-daunan, lalapan, buah-buahan,
sampah kertas; semua sampah dari bahan kertas, dan
sampah non daur ulang; yaitu sampah sisa makanan, tissue, popok.

Dan tugas gw di team Zero Waste (dibaca aja Jirowis) adalah mengingatkan dan mengajak pengunjung untuk ‘belajar’ jangan buang sampah sembarangan atau setidaknya yuk belajar memilah sampah sesuai jenisnya.



Dan stand makanan yang ada di event ini sama sekali gak ada yng pake bahan streoform, gelas plastic, sendok plastic, atau apapun alat makan instan, jadi gantinya apa? Gantinya adalah mereka menggunakan piring, gelas beling, atau dengan alas daun pisang. Hal yang sudah diingatkan adalah para pengunjung dapat membawa tempat makan dan botol minum sendiri. Untuk minuman disediakan dispenser untuk mengambil minum gratis.

Masih terkesan ribet?? Tapi semua pengunjung mematuhi semua rules yang ada dan buat gw menyenangkan kok,, area pokok semuanya bebas dari asap rokok, kalo mau merokok disediakan smoking area yang lokasinya menjauh dari beberapa kegiatan pokok. Satu hal lagi di acara ini juga disediakan bazzar produk nah mereka sama sekali tidak menggunakan kantung plastic kresek tapi menggunakan paper bag, nah lucunya paper bag tersebut dibaut dari kertas Koran *kreatif,,,
ada buah yang udah langka lho yang jarang ditemuin kayak contohnya ini ada buah markisa, lobi-lobi, menteng dan jambu bol.



Beberapa acara adalah kumpul di taman tengah Museum Bank Mandiri, duduk di rumput sambil melihat atraksi dari berbagai komunitas atau mendengarkan music seruww,,,
Walaupun ini event pertama KumKum dan jelas banyak terlihat kurang disana sini tapi buat gw acara ini bagus,, banyak ilmu yang lumayan yg gw dapet soal pemilahan sampah, ajang interaksi dan saling mengenal kominutas juga, Fyi gw baru tau kalo ada Komunitas Pecinta Kertas (KPK) kegiatan mereka jelas berhubungan dengan kertas, terutama kertas bekas,, dari kertas mereka bisa menghasilkan banyak karya yg bikin takjub,, *ohh ini dari kertas yaaa,,, dan masih banyak hal lain yang bisa di dapat.

2 comments:

henny said...

HOREEEE!
btw jeng dezz, fotonya saya pinjem yaaaa buat di blog :) hihihi...
*tiba2 kangen sama jeng dezz* tengkyu yaa!

desi said...

ternyata...dunia itu memang sempit yaaa

*toel jeng henc dan jeng dezz :D

Post a Comment