Y. O.G.Y.A.K.A.R.T.A


pertanyaan 1 bulan lalu ke gw; kapan terakhir kali kamu berkunjung ke Yogya??
hmmm..... kapaaan yaaaa???? sangat,, sangat udah lama sekali,,
jangankan ke yogya ke Kutoarjo aja kampung Alm. Nyokap gw aja udah gak pernah lagi, yang notabene kotanya gak gitu jauh dari Yogya..

sampai akhirnya setelah dinyatakan 'sukses' membuat workshop TBA dan menghilangkan kepenatan kerjaan kantor, gw bersama Team Ho-oH merencanakan liburan ke Yogya. dari jauh hari pun cuti gw udah di approve dengan tujuan ke Yogya hehehe... rencana kita liburan tgl 25-28 Juni berangkat jumat malam pulang kantor, kembali hari senin pagi... gw cuti sampai selasa yaa selasanya leyeh2 lah :P

Jumat, 25 Juni 2010
akhirnya yang jadi berangkat hanya 4 orang; gw, Nony, Ibnu, Bhayu. nah transport berangkatnya di H-1 masih belum pasti awalnya mau naik kereta ekonomi but hey kereta ekonomi tuh penuh dan lama secara setiap stasiun berhenti (gak beda jauh dengan ekonomi jabotabek i think :)
berganti naik kereta bisnis tapi sayangnya udah full, mau naik bis adanya sore 'yaaah masa gw izin kantor setengah hari,, akhirnya kita naik travel lebih jelas kan tuh duduk dan berpenumpang sedikit hehehe,,,walaupun harga lebih mahal

gw di jemput travel jam 8 malam sesuai permintaan karena gw harus ngerjain beberapa kerjaan kantor dulu buat hari senin,, paling gak jaga2 gw gak mau liburan di telpon2 orang kantor.
di dalam travel udah ada ibnu, bhayu, bersama 1 penumpang lainya, 1 supir cadangan, plus supirnya. setelah jemput gw di kantor sekarang menuju cempaka putih menjemput Nony. setelahnya kita masih harus menjemput mas2 di daerah Kalimalang dan terakhir bapak2 tua dan anaknya di daerah Pekayon Bekasi.

so, baru jam 10 kita masuk tol cikampek and officiall this is the first time gw naik travel hehehe...ok perjalanan panjaaaang dimulai,..
gw duduk di bangku belakang diapit nony dan ibnu. paling depan supir(iyalah), bhayu dan Imam (akhirnya kita kenalan sama seluruh penghuni travel hehehe...) kursi tengah mas handoko, bapak tua yang ternyata berumur 93 thn dan anak perempuannya.. di bagasi masih ada lagi supir cadangan.

Sabtu, 26 Juni 2010gw gak tau niih travel ambil jalur pantura atau selatan pemberhentian pertama di RM Padang daerah Subang dan gw bilang ini makan sahur secara jam 2an deh hehehe,,,,
dibeberapa tempat kita sempat berhenti untuk buang air, sholat subuh dan makan siang selebihnya hal yang dilakukan tiduuuuuuuuuuur dan ngobrol sebentar,,
dan setelah melewati 12 jam perjalanan ugh... mulai matgay, badan udah pegal tapi gak sampai2
di 18 jam perjalanan kita atau kira2 jam 4 sore kita baru mendarat sampai di lokasi tujuan yaitu Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) di Muntilan Lereng Gunung Merapi, yak mereka adalah salah satu taman bacaan yang kemarin gw undang di WSTBA. sampai disana langsung disambut Pak Kusno pendiri RBKM dan langsung bertamu ke rumahnya dan dihalaman rumahnya anak2 sekitar sedang asyik main volly.

melihat dan mengunjungi langsung taman bacaan yg jauuuh dipelosok dengan pemikiran hebat seorang petani yang ramah dan sederhana, terkesan iya,, sangat,,, rasanya 18 jam perjalanan capek hilang. kita ber4 langsung mau main2 ke sawah dan ladang yang udaranya masih bersih.
karena sudah mau malam waktu main2nya cukup waktunya mandi bersih2 dan airnya dingin segar.
kita dihidangkan makan malam yg cukup sederhana tapi rasanya buat kita nikmat dan rasa tempenya juga khas masih asli bahannya,, selesai makan kita keluar rumah main kentongan pas sekali malam itu gerhana bulan dan agar bulan tidak tertutupi dan tetap bersinar adalah dengan memukul kentongan,, itu suatu tradisi yang seharusnya memang selalu di jaga.

slesai bermain, memandangi awan dengan terang bulang dan taburan bintang waktunya untuk tidur, tadinya sudah disiapkan kamar untuk gw dan nony tapi kok agak sumpek yaa jadinya kita memilih tidur di luar tamu gelaran dan itu dingiiiiiiin banget,,

Minggu, 27 Juni 2010
bangun pagi kita akan berjalan2 lagi ups salah berfoto2 spertinya...
niat awal kita pingin naik melihat langsung gunung merapi gak sampai atas paling gak gunungnya terlihat mendekat,, tapi perjalanan untuk kesana makan waktu bisa lebih dari 4jam waah sayang kurang, kita kan masih harus ke kota Yogyanya. jadi ya gantinya main2 di sekitar persawahan dan ladang.
selesai bermain2 waktunya sarapan, mandi dan packing,, yaa kita harus ke yogya dulu,, berpisahlah kita dengan RBKM 'terima kasih sudah menerima kedatangan kita, maaf merepotkan yaaa!!!
menuju kota muntilan atau stasiunnya perjalanan menggunakan angkot, dan bareng2 naik angkot penuh dengan ibu2 yang mau ke pasar dan kondangan. sampai di terminal Muntilan kita masih menunggu bus (tigaperempat) menuju Yogya.
di Yogya kita akan menginap di rumah tantenya Bhayu. FYI 2 teman gw itu Bhayu dan ibnu kuliah dan sekolah di Yogya jadi yaaa mereka'lah guide perjalanan kita :)

perjalanan muntilan - yogya gak lebih dari 1 jam, dan Yogya musim liburan kondisi jalan beberapa macet dan terlihat banyak mobil berplat B. setelah istirahat sebentar di rumah tante bhayu kita lanjut jalan2,,, mari kita mengitari Yogya..
pilihan jelas ke Jl. Malioboro, mampir dulu ke Festival Kesenian Yogyakarta di beteng Vredeburg, Mirota Batik, dan pastinya belanja2 doooonk si sepanjang malioboro, kaos, batik dan gak ketinggalan juga beli Bakpia pathok.
makan malam kita di Anggringan Lek Man lokasinya dekat stasiun tugu.. makannya di atas tikar di trotoar pas bener pinggir jalan... makanan yang khas dan murah, enak pula.
btw besok pagi kita semua akan kembali lagi pulang ke Jakarta dan sampai malam itu kita belum tau mau naik apa,, sempat ke Stasiun Tugu dan kereta Bisnis buat besok pagi sudah full kalo mau ya beli besok on the spot tanpa nomor tempat duduk, oke!! yang penting kita pulang hehehe....

setelah berbelanja banyaaak acara kita belum selesai masih mau foto2 dulu di Tugu Yogya,, ini simbolnya orang yogya sepertinya, selain itu Bhayu juga asyiiik reunian bareng teman2 lamanya tim sepeda tinggi (i dunno the fix name,,,) intinya sepeda yang di modifikasi jadi tinggi kayak sepeda sirkus gitu deeeh,,, gw penasaran juga bagaimana naikin dan turun dari sepeda itu hehee,,,
so,, sudah larut dan mari kita pulang ke rumah tantenya Bhayu..
bersih2, packing2 dan yup siap berangkat besok pagi huaaaah..............zzzzzzzzzz

Senin, 28 Juni 2010
mari anak2 bangun pagi,, waktunya pulang
jadwal kereta yang akan kita naiki adalah Fajar Utama Yogya akan berangkat jam 8 pagi
(kalo keretanya berangkat malam disebut Senja utama)
di jadwal siiih sampai tujuan terakhir stasiun senen jam 16 kalo gak telat,,,,
Bhayu yang antri beli tiket,, yaa kita beli on the spot dengan tanpa no duduk
jadi Yogya - Jakarta kita berdiri hehehe,,, NO.. tapi kita cari kursi kosong kalo pun ada yg punya ya udahh pindah aja wohohoho....

gw dapat duduk barengan Ibnu, Nony duduk depan gw bareng bapak2. Bhayu beda gerbong selonjoran hehehe,,,, sudah lama gw gak naik kereta keluar kota dengan perjalanan yang jauuuh dan lama. disebutnya kereta bisnis tapi yaaa,,,, banyak pedagang yang lalu lalang berisik,, tapi yaaa that was their jobs.. oke.. selama perjalanan dihabiskan dengan Tiduuuuuurr,,,
berhenti di berapa stasiun,, dan panas,, sampai akhirnya yippppyyy.........
memasuki Stasiun Bekasi.. ya gw turun di Bekasi duluan dan lebih cepat
Nony & bhayu turun di Stasiun Jatinegara, dan Ibnu di Stasiun Senen....
Besok kita sudah kembali ke aktivitas normal...
senang berlibur dengan kalian....

0 comments:

Post a Comment