OTBA 2011


Setelah tahun lalu terpending penyelenggaraan OTBA finally tahun ini terlaksanalah event akbarnya komunitas 1001 buku. yaitu Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) 2011.
pelaksanaan OTBA adalah tanggal 20 Maret 2011 namun menjelang hari H penyelengaraan ada berbagai rangkaian acara seruw yang di gelar.. penasaran apa aja rangkaiannya?? pastinya di posting ini akan gw jelasin deeeh... :)

di OTBA gw kebagian jadi koordinasi LO (awalnya) tapi kemariny jadi Koordinasi Relawan., intinya sama berhubungan dengan relawan.
bebannya adalah disaat yang sama gw harus konsen sama kerjaan gw yang entah lagi sangat menggila ditambah kaki gw sakit, plus harus data relawan dan sebelnya koneksi internet di rumah lagi gak bagus pokoknya bikin emosi deeeeh,,,, but heey kalo kamu jalaninnya fun akhirnya menyenangkan kok...

WORKSHOP TBA
ini rangkaian awal dari satuan acara OTBA di selenggarakan pada:
Hari/tanggal : Minggu 27 Februari 2011
Tempat : Universitas Bakrie Kuningan Jakarta
TEMA : "Menuju OTBA 2011; Mengenal Permainan Tradisional Anak Indonesia "
Pembicaranya ada :
1. ibu Poppy savitri(direktur tradisi, Ditjen nilai budaya, seni dan film) dari Kementerian Budaya dan Pariwisata
2.Mbak Tarcisia (Psikolog)
3. Mas Ridha (Komunitas bermain dari Kampung Bogor)
dengan moderator Bang Mamat (mantan PJK 1001 Buku)

selain itu ada juga Sosialisasi, Simulasi dan Mekanisme Lomba di OTBA 2011
oh iya peserta workshop ini adalah dari pengelola TBA dan relawan yang akan membantu di OTBA nanti, jadi untuk mereka yang akan ikut serta di acara OTBA secara langsung mereka akan tau OTBA seperti apa sih, lombanya bagaimana dll.


PROMO RADIO
ini adalah cara lain untuk menjaring relawan dan sponsor dan agar juga semua orang tau apa sih itu Komunitas 1001 Buku dan apa itu kegiatan OTBAnya.. dan kita dapat slot siaran yang pertama di TRAX FM dengan membawa segala macam pasukan jadilah kita siaran yang ikutan siaran ada om Indra (Ketua Yayasan). Wira (PO OTBA), Sasha, Dhani, Ibnu dan gw semua ikutan di studio sisanya nunggu diluar hehehe... lumayan seru dengan berbagai pertanyaan..

selain di Trax Fm kita juga kebagian siaran juga di Radio Bahana FM ini siih siaran kedua gw di radio ini sebelumnya pernah juga pas mau promo acara Workshop TBA tahun 2010 yang lalu.
umumnya pertanyaan mendasar apasih itu 1001 buku?kenapa musti 1001?kegiatannya apa aja? baiknya yaa inilah salah satu cara memperkenalkan suatu komunitas

TECHNICAL MEETING & GLADI RESIK
bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan jadi dikumpulkannya para relawan yang akan membantu jalannya acara OTBA 2011... bagaimana rundown dan segalanya.
tugas LO gw lumayan ribet mengatur para relawan untuk menjelaskan tatacara mendampingi para TBA yang terdiri dari pengelola dan anak-anak yang akan ikut lomba..
jelang gladi resik data relawan gw masiiih sangat berantakan riweuh deh,, pengalamannya adalah harus cari back up yang bener sangat membantu dari awal deh!!

HARI 'H' PELAKSANAAN OTBADengan tema "Indonesia Bermain Kembali" OTBA 2011telah berhasil diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Maret 2011 bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta selatan. OTBA kali ini diikuti oleh 450 anak dari 45 taman bacaan anak yang tersebar di area Jabodetabek dan Bandung, dengan melibatkan bantuan sekitar 200 orang relawan yang direkrut melalui email, group millist, forum jejaring sosial dll.

Sesuai dengan tema yang diangkat melalui lomba-lombanya, selain meningkatkan minat baca pada anak-anak, OTBA 2011 juga bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan akan kebudayaan dan kesenian serta permainan tradisional. Bagi taman bacaan sendiri OTBA adalah sebuah wadah untuk menumbuhkan rasa berjejaring antar taman baca dan perpustakaan independen yang ada di Jabodetabek dan Bandung.

Beberapa bentuk permainan dan lomba yang diikuti peserta antara lain adalah : lomba dongeng yang bertema cerita tradisional dari beberapa wilayah di Indonesia, lomba permainan tradisional yang melatih kerjasama dan kreativitas anak-anak untuk menyelesaikan rintangan-rintangan seperti pletokan, gobak sodor, gledekan, dan joli-joli serta lomba membuat busana dari bahan daur ulang dengan tema budaya tradisional Indonesia.(sumber http://1001buku.or.id)

THANK YOU!! TERIMA KASIIH UNTUK SEMUA RELAWAN YANG KEREN, CIAMIK, PNTANG MENYERAH, UNTUK SEMUA KERJA SAMANYA.. SERTA SEMUA PIHAK YANG UDAH BANTU PELAKSANAAN OTBA 2011 SAMPAI JUMPA DI OTBA 2012 :)

0 comments:

Post a Comment