Obsesive Compulsive Disorder (OCD)


terinspirasi dari seorang teman trip,,  gw jadi membuat postingan soal OCD

apa itu OCD??
OCD merupakan kepanjangan dari Obsessive Compulsive Disorder,
semacam penyakit kejiwaan yang membuat penderita cemas akan sesuatu, dan melakukan sesuatu secara berlebihan (tak bisa mengontrol obsesinya) *kok agak seram yaa!!*

atau penyimpangan perilaku dimana seseorang memiliki obsesi terhadap sesuatu dan melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Obsesi disini bisa berupa gagasan, khayalan, atau dorongan yang tampaknya konyol, aneh atau menakutkan, tidak diinginkan dan mengganggu namun selalu berulang. Sedangkan kompulsi adalah desakan untuk melakukan sesuatu yang akan meringankan rasa tidak nyaman akibat obsesi.

gw search belum ada penyebab khusus kenapa seseorang bisa mengidap OCD,
tetapi Orang yang mengidap OCD sangat bergantung pada kebiasaan tertentu dan melakukan sesuatu secara berulang kali yang tidak bisa dipahami dengan akal sehat.

Perilaku yang diulang biasanya adalah mencuci tangan, membersihkan sesuatu, memeriksa apakah sudah mematikan kompor, menonaktifkan alat dengan benar, menghitung sesuatu, dan dari kebanyakan kasus, penderitanya sendiri merasa tidak mampu untuk menghentikan kebiasaan mengulang ini,
dan mereka malah menderita kecemasan yang amat sangat jika tidak melakukan pengulangan tersebut. Penderita OCD biasanya dilingkupi dengan ketakutan dan kecemasan berlebihan, depresi dan serangan panik.*Owww...*

Perilaku yang bergantung kebiasaan dan melakukan secara berulang kali, dan jika tidak melakukan hal tersebut bawaannya panik dan merasa bersalah ini.. benar banget,

OCD yang dilakukan teman gw adalah selalu melakukan ritual yang sama untuk kasus mandi, ada tahap yang dilakukan dari entah menggosok gigi, membasuh dll.

hal lain adalah membuat gradasi warna pada saat penjemuran pakaian, harus sama susunan warna, arah gantungan baju.. dan banyak contoh lain yang membuat gw ternganga *woow*

ada beberapa hal kepribadian yang mendukung perilaku OCD misalnya sifat perfeksionis, tidak mudah mengalah, serta terlalu terikat pada peraturan. mereka juga akan selalu konsisten menjalankan segala hal ritual dan kegiatan.. semua harus terlihat sempurna.

yakin siih perilaku OCD ini bisa disembuhkan,, diluar negeri malah ada terapi khusus untuk penderita OCD, terpikirkan di gw para perilaku OCD secara gak langsung punya dampak baik dan buruk untuk orang disekitarnya.
kasus teman gw sih dampak baik terlihat  jelas semua hal akan terorganize dengan baik, perencanaan matang, rapih. baguss :)
cuma terkadang kita mikirnya hidupmu kurang santai... ayoo agak nakal dikit hehehehee....


thanks.. Info by
http://moetsz.blogspot.com/2012/10/ocd-merupakan-kepanjangan-dari.html
http://www.vemale.com/relationship/keluarga/12717-kenali-ocd-lebih-jauh-yuk-.html
http://www.proz.com/kudoz/english_to_indonesian/cinema_film_tv_drama/942066-ocd.html

2 comments:

Andra Busra said...

gue salah satu penderitanya nih. :(

dewa_b@yu said...

sama

Post a Comment