Kelas Inspirasi Bekasi


Finally..
seluruh rangkaian Kelas Inspirasi Bekasi berhasil kami selesaikan, rasanya jelas puas, takjub, baiklah akan saya ceritakan apa itu Kelas Inspirasi dan mengapa saya akhirnya bisa bergabung untuk ikutan bantu di Kelas Inspirasi Bekasi.

mengetahui Kelas Inspirasi awalnya dulu pernah dikirimkan email blast soal ajakan turun tangan untuk mengajar tentang profesi kamu di Sekolah-Sekolah Dasar, menarik karena ini bagian dari Indonesia Mengajar untuk para profesional, saya mikirnya hmm.. pekerjaan HR seperti saya apa yang bisa di share untuk anak SD ya hehehe...
dan seorang teman trip Endah berhasil ikutan KI 2 dan dia selalu semangat cerita pengalaman mengenai KI, dari semua teman trip hanya Titi yang akhirnya terpengaruh untuk ikutan KI Depok. saya masih belum ada keinginan atau banyangan kalau harus ikutan mengajar KI, cuma terpikir ada cara lain tidak untuk ikut serta membantu... and your wish is true,, pas ada pembukaan pendaftaran untuk kepanitiaan Kelas Inspirasi Bekasi. yang semangat jelas ini wilayah saya, dari TK hingga saat ini saya tinggal di Bekasi, sampai SMU saya juga sekolah di Bekasi.

lumayan surprise ketika dapat email dari KI Bekasi dan diajak untuk meeting awal, kami janjian meeting di Bekasi Cyber Park saat itu saya berkenalan dengan Gisca, Amie, Dhila, Fitria, dan Mbak Endah. pertemuan awal yang menyenangkan dan saya yakin team kecil ini pasti akan bisa membuat inspirasi besar di Bekasi.

meeting kedua kami lanjutkan di Mcd Sarinah bertambah team kami dengan hadirnya mahluk laki-laki Bayu dan Mas Dwi :))
saya pun memilih posisi sebagai rekruitmen menyeleksi pendaftar relawan yang akan mengajar saya dibantu bersama Iin (teman trip yg akhirnya ikutan nyemplung juga) dan Renny, satu kesamaan kita bertiga adalah sama-sama bekerja di Bank walaupun posisi pekerjaannya beda-beda.

tugas rekruitment adalah jelas menyeleksi dan membaca essai dari para pendaftar KIBKS, banyak yang bikin saya terharu, menemukan banyak profesi seru, dibeberapa minggu awal pendaftaran dibuka yang daftar masih slow..berpikir ini kapan nambahnya hehehe,,, karena kami punya target SD yang akan kami tuju adalah sekitar 20-25 SD di kota Bekasi.

Panitia bisa merekomendasikan SD yang dituju untuk penyelenggaraan KIBKS, saya merekomedasikan SD saya dulu SDN Harapan Baru 2 dan prosesnya sungguh kilat ketemu Kepala Sekolahnya ngobrol sebentar OK, langsung tandatangan di surat pernyataan. saya merekomendasikan SD lain disekitar komplek SD saya.

Pelaksanaan KIBKS ditengah jalan berubah disaat yang sama akan dilaksanakan KI Tangerang dan KI Bogor dengan pelaksanaan Hari Inspirasi yang berbeda-beda, tetapi akhirnya disatukan bahwa Hari Inspirasi akan dilaksanakan serentak bersamaan di 3 kota yaitu 11 September 2013.

perubahan Hari Inspirasi berdampak ke pendaftaran relawan yang akan turun tangan mengajar, ada banyak relawan yang mendaftar double di 2kota. setiap hari tuh selalu intip-intip update jumlah relawan sudah berapa banyak. team rekruitment tidak pernah meeting fokus ber3, saya yang upload data seminggu sekali. saya menilai duluan setelahnya dishare ke team untuk dinilai masing-masing.

promo untuk informasi tentang KIBKS dan info mengenai pendaftaran relawan kami lakukan di sosmed, email blast ke berbagai pihak, dan promo radio juga ke BeeFM, promo udah,, kami juga mulai ribet dengan pemilihan tempat Briefing untuk para relawan terpilih. Islamic Center Bekasi jelas itu gak mungkin tempatnya full schedule untuk event di weekend, tempat lain harus mengeluarkan dana sewa dan jelas kami gak sanggup :).

dapat tempat di Pendopo Walikota Bekasi sayangnya tempatnya outdoor, dan ada lagi tempat di Balai Patriot masih di komplek Walikota Bekasi juga, tapi pas hari H untuk briefing di jam yang sama tempatnya sudah di tag event lain. team kami Amie penguasa Bekasi siap bergerak untuk proses melobi dan akhirnya dapat Balai Patriot untuk acara Briefing KIBKS.

menjelang penutupan pendaftaran relawan saya lumayan deg-degan sampai gak yaa target relawan untuk KIBKS, tapi lumayan beberapa hari menjelang penutupan signifikan jumlah yang mendaftar bertambah. alhamdullilah...
meeting pembahasan mengenai relawan terpilih, mapping relawan di SD-SD yang ditunjuk. menurut saya meeting yang cukup berkesan dan mengasyikan, semua bisa terlibat untuk vote pendaftar ini layak atau tidak untuk masuk sebagai relawan terpilih di KIBKS.

Briefing Relawan 31 Agustus 2013, serentak 3 kota melakukan briefing relawan. relawan-relawan terpilih baik untu pengajar dan fotografer serta videografer dikumpulkan jadi satu, dimulainya perkenalan karena relawan-relawan dikelompokkan berdasarkan kelompok, kelompok ini yang akan bekerja sama untuk menginspirasi di SD-SD yang dipilih. mereka harus survey lokasi SD, observasi, membuat manajemen waktu mengajar, dll

saya turut serta membantu survey kelompok 20 karena pada saat mereka survey di awal terjadi Miss Communication dengan pihak Sekolah jadi di saat survey terakhir saya turut membantu.
cerita ini masuk di blog ketua kelompok 20 :) Senda's Blog

Hari Refleksi 11 September 2013, dari jauh-jauh hari saya sudah mengajukan cuti untuk di hari ini :) dan sangat bersemangat untuk Hari Inspirasi ini bayangkan serentak di 3 kota pelaksanaan Kelas Inspirasi 600 karyawan cuti bersama di hari ini untuk turun tangan langsung menginspirasi kurang lebih 47 SD di BoTaBek. kereeeen.

saya bertugas di SDN Harapan Baru 1,2,4,6 ; ada 4 sekolah 2 SD Harapan baru 2 dan 4 ada pengajar yang public figure Timothy Marbun News Anchor KompasTV dan Ibu Jaleswari Pengamat Militer dan Pertahanan Keamanan LIPI, terkait juga ada wartawan dari KBR68 yang akan meliput kegiatan KIBKS terutama 2orang tersebut.

pelaksanaan KIBKS berjalan lancar dan kendala yang ada bisa dilalui, menjelang Hari Inspirasi paling deg-degan kalo ada info relawan yang tiba-tiba mengundurkan diri hehehe...
selesai Hari Inspirasi acara belum berakhir masih ada Hari Refleksi.

Hari Refleksi 14 September 2013, kali ini seluruh relawan dari 3 kota akan dikumpulkan menjadi satu di KIBoTaBek, Alhamdullilah kami mendapat tempat di Soehanna Hall Energy Building, tempatnya bagus banget.. saya pernah datang ke acara musik Endah N Resha, ada Glenn Fredly juga dan sangat takjub dengan tempatnya... buat hajatan resepsi sepertinya bisa hohoho....

seluruh relawan 3 kota di mix jadi satu. di refleksi apa kesan yang diperoleh setelah mengikuti Kelas Inspirasi, mengajar, bertemu anak-anak SD, dan pengalaman berharga lainnya. yang saya yakin setiap orang pasti akan punya kesan sendiri-sendiri.

buat saya jelas moment Kelas Inspirasi Bekasi gak akan terlupakan, saya dikelilingi orang-orang baik yang sangat super, punya semngat yang oke.. aaahhh gak bisa diucapkan :)


TERIMA KASIH

- Allah SWT yang selalu memberikan kemudahan serta kelancaran untuk kegiatan KIBKS, memberikan saya dan kami semua kesehatan dan semangat dari awal hingga akhir acara.

- Gisca Nuranisa, ibu Ketua, koordinatornya KIBKS dari awal ketemu sudah klik untuk ngobrol, diskusi banyak hal, dan ternyata satu naungan zodiak yang sama :)) sikap perhatian, detail, tegas, serius, suka menginggatkan berkali-kali dan akan saya jawab 'iyeee, jangan terlalu diingetin terus yang ada malah gw jadi dikejar2 hehehe' kalo ada kendala Gisca orang pertama yang gw cari :)

- Indah Triantika, teman trip saya secara langsug sudah tau deeh gimana iin yang sangat Jepang banget, niat awal tahu KIBKS dia mau mengajar mengenai profesi lainnya sebagai menerjemah komik Jepang, tapi akhirnya nyemplung di Rekruitment.

- Renny Junita, seorang RO dari sebuah Bank, cerita pas awal ketemu adalah dia pernah naik gunung dan cewek sendiri, saya liat penampilannya cewe banget, diantara yang lain dia yang lebih dandan hehehe... akhirnya masuk ke bagian rekruitment dan pas hari refleksi bantu di Registrasi.

- Fadhila Dhila, orang yang sering saya bonjengi di motor,,dan merasakan tiba-tiba motor oleng hehehe bareng sosialisasi mengenai KIBKS ke radio sampai malam, saya suka mengantar Dhila sampai di sebrang gank dan itu sering banget liat ada si 'mbak' yang lagi mngkal di pinggir jalan kami perhatiin dari tiba-tiba ada pelanggan yang nyamperin nego harga, dan si mbaknya pergi huaaaah transaksi sex dan itu pas di bulan Ramadhan astaga.

- Bayu Filladiaz, cowok tinggi berprofesi Arsitek, team desainnya KIBKS, dia punya profesi lain sebagai grafolog membaca sifat seseorang berdasarkan tulisan tangan. saya pun di baca tulisannya efeknya ada sedikit bagian yang bilang saya depresi oooowhh

- Amie Zahra, penguasa Bekasi..bikers juga, orang yang berhubungan langsung dengan 'pejabat-pejabat' Bekasi, minta izin tempat, jadi tempat curhat banyak orang yang didatengin, saya pernah pagi-pagi sebelum berangkat janjian ketemu di belokan Summarecon Bekasi cuma mau kasih proposal dan proposalnya salah :)

- Novilia Anggraini, tertipu di awal pertemuan yang jadi pendiam kemarinya berisik banget.. bagian dari team dokumentasi,, kalo konvoy pulang bareng-bareng naik motor dia selalu ketinggalan :)

- Dwi Ishak, semakin lama kayaknya mas Dwi sudah maklum dengan kelakuan cewek-cewek di teamnya atau malah ikutan menggila juga :) mas Dwi kami tugaskan jadi MC di Briefing Relawan

- Meylin Chissilia, teman yang aktif, rame, suka muncul dan menghilang #apeu

- Fitri Maylani, pernah bawain proposal banyak dari Depok ke Bekasi, melipir ketemu sebentar di MM

- Vitria Hutagalung, walaupun gak bisa join di group whatsapp tapi aktif di luar itu.

- Raras, ketemu saat briefing menjadi timer dan membantu mendampingi kel 20 juga.

- Tival dan Stella bagian dari team Dokumentasi walau hanya hadir dalam bentuk virtual tapi supportnya juaralah

- Dedengkot KI mas Dika yang selalu jadi provokator, Mbak Tita, Mas Denny yang banyak bantu di sosmed tempat tanya2 soal rekruitment, Mas Kiki, Ihsan IT yang selalu saya 'teror' soal data di web, Mbak Pipit MC untuk Briefing dan Refleksi, Mas Adhi Nugroho,.

- Oky Adrian, my good buddy yang saya jebloskan masuk keperangkap KIBKS semula hanya untuk mengisi acara cerita pengalamannya mengajar saat KI Makassar, selebihnya jd Fasil dan akhirnya banyak membantu untuk kelompok 20.

- M. Angga, terima kasih untuk spanduk dan x banner nya tiba-tiba saya todong buat mengajar di KIBKS malah membantu untuk urusan nyetak mencetak aja. thanks Chen2

- Dimas Arimurti and Team BeeFM terima kasih untuk supportnya, kasih slot siaran dll. Mbak Wiwik dari KBR68, Isyana dari DaaiTv terima kasih untuk liputannya.

- My Sis Indah, yang sudah gw suruh ke SD follow up ke kepsek :)

-teman-teman panitia dari Kelas Inspirasi Tangerang dan Bogor, pihak Indonesia Mengajar.

- para relawan pengajar, fotografer, fasil #KIBKS

- semua pihak yang sudah membantu dan support KIBKS,, yang gak bisa disebutin satu-satu

- and YOU..


3 comments:

Afrizal Ramadhan said...

Dari kenal pertama 2011 pingin banget ikutan IM, apa daya belum kesampaian. Kalau kelas inapirasi daftarnya bagaimana kk

dezz said...

Hi
Bisa daftar di web Kelas inspirasi

www.kelasinspirasi.org

dezz said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment