GLOBAL WARMING


Belakangan setiap detik kayaknya orang-orang entah di TV, radio, Koran, linkungan terdekat 'sibuk' ngomongin soal global warming.. lets go green

Global warming atau pemanasan gloal adalah proses perubahan alam yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan bumi akibat penipisnya lapisan ozon. Ini semua terjadi salah satunya disebabkan produksi karbondioksida (CO2) yang berlebihan.
CO2 adalah gas yang dihasilkan antara lain oleh asap knalpot kendaraan, mesin industry, bahan penyemprot, pembakaran kayu, dan perubahan tata guna lahan.

Gas ini jumlahnya kian menumpuk di lapisan atmosfer, sehingga sinar matahari yang masuk ke bumi tidak bisa dipantulkan kembali ke luar angkasa. Sinar matahari yang terjebak inilah yang menyebabkan suhu bumi memanas, sehingga mengakibatkan banjir bandang, badai tropis, angin putting beliung, sampai kekeringan.

Akibat Global Warming
1. Es di daerah kutub mencair, maka permukaan air laut naik sehingga Negara-negara kepulauan bisa terendam
2. Hewan dan tumbuhan di daerah beriklim dingin akan berusaha keras beradaptasi dengan adanya peningkatan suhu. Hewan yang tidak dapat beradaptasi akan punah.
3. Krisis air bersih
4. Beberapa penyakit akan timbul
5. Hasil pertanian di Asia dan Afrika akan menurun samapai 50%

Gak kebayangkan apa jadinya bumi kita ini nantinya..dan hari ini gue ngerasa udara panas dan pengap banget deh!!
Langkah sederhana menyelamatkan bumi:
1. Matikan lampu, computer, AC, serta alat-alat elektronik lainnya jika tidak digunakan. Cermat menggunakan listrik berarti turut meminimalkan buangan gas CO2 ke udara.
2. Hemat air
3. Menanam pohon, pohon berfungsi menyerap gas karbondioksida di udara, tingkatkan program penghijauan.
4. Lakukan 3R (reduce, reuse, & Recyle)
5. Hemat kertas
6. Buang sampah pada tempatnya
7. Kurangi penggunaan plastic kemasan
8. Berjalan kaki untuk transportasi jarak dekat, jika menggunakan kendaraan pribadi selalu periksa gas buangnya



MARI KITA JAGA BUMI SERTA RUMAH KITA INI

3 comments:

Nuuii said...

Gimana bisa bertahan hidup kalo es mencair trus seluruh permukaan bumi air semua..

hih.. nga kebayang dech ;D

andaka.com said...

Ayo "Blogger Indonesia Peduli Global Warming" :)

Tongkonan said...

Stop Global Warming adalah tanggung jawab setiap individu termasuk kita sebagai blogger. Intinya Jadilah Sahabat Bumi maka bumi pun akan bersahabat dengan kita.

Sekedar informasi kalau Kompas MuDA lagi ngadain kontes "Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3" yang bertemakan lingkungan "Jadilah Sahabat Bumi". Peserta yang boleh ikut berumur antara 15 sampai 22 tahun.

Post a Comment