TRIP KOMODO< LABUAN BAJO FLORES

akhirnya penantian liburan ke Komodo Island terjadi sudah.
proses rencana awal, pemilihan tanggal, hunting tiket pesawat itu sudah dari bulan Desember 2011 memang benar-benar direncanakan.

menyenangkan karena liburan 5 hari dengan teman-teman yang sangaaaaaaatttt membuat fun #Thekomodos yaitu
@IndTri_ >> Indah Triantika
@hni_ >> Hanny
@choccychoccy >> Silvana Margriet Paath
@parah1ta >> Siti Parahita Satiti
@tika_wi >> Shartika Nirmala Dewi
@bayuendah >> Endah Bayu Purnawati
@dhanu_saputra >> Utomo Dhanu Saputra
@ucok_pa >> Ervin BP

penasaran seperti apa mereka silahkan follow twitternya ajah!!

banyak hal terjadi sebelum keberangkatan dari
#aproval cuti; kita memilih waktu liburan memang pas long wiken yang ada cuti bersama, ambil cuti mungkin hanya 1 hari pas hari senin atau bahkan lebih. mulai sibuk dengan yg sudah dapat approval atau belum.
#perubahan flight schedule GA dan Citylink yang bikin panik, dari penerbangan malam berubah jadi siang, hebohlah konfirmasi pemindahan jadwal.
#Primolut atau pil haji, buat cewe yang periode nya mendekati atau pas tanggal liburan, guna menghindari mangsa komodo dan bisa main air dengan bebas
#packing, ada yang sudah dari jauh hari bikin list barang yang mau di bawa apa aja. ada yang santai dan gw pun baru packing itu pagi hari pas hari keberangkatan hehehehe...

Rabu 16 Mei 2012
akhirnya hari yang ditunggu itu datang, kebetulan gw ambil cuti hari ini kebayang aja males bawa gembolan ke Kantor dan yakin pasti di kantor juga udah gak konsen sama tugas dan pekerjaan.

jadwal keberangkatan jadi terbagi 3 kloter alasannya beda waktu pemesanan dan adanya perubahan jadwal GA.
kloter pertama @ucok_pa berangkat jam 4 sore,
kloter kedua
@IndTri_ @parah1ta @tika_wi @bayuendah jam 20.55
dan kloter terakhir gw
@dhanu_saputra @hni_ @choccychoccy jam 21.40.

dari siang gw udah memantau keadaan jalan itu maceeeeeet dimana-mana terutama juga jalan ke arah bandara, berangkat dari Bekasi naik Damri jam 4 dan sampai Bandara Soeta jam 20.30 gilaaa 4 jam aja.
dari terminal 1 ke terminal 2 aja itu pake maceeet gak gerak lho!! namanya mau long wiken yaa,, gw sendiri sebenarnya santai karena flight gw kan masih agak lama, tp karena ibu sebelah gw mau ke Belanda pesawat jam 8 parnonya ketinggalan pesawat bikin parno penumpang yang lainnya.
cerita macet deramaaaah keberangkatan juga terjadi sama tim kloter kedua.

sampai bandara bertemu dengan yang lain masih bisa santai makan, ngobrol dan alhamdullilah pesawatnya gak delay, gw naik pesawat GA 420 dari Jakarta 21,40 sampai Bali jam 00.25

Tiket Pesawat Garuda Rp 595.200,-
airpot tax Rp 40.000,-
Damri Bekasi - bandara Rp 30.000,-

Kamis 17 Mei 2012
tengah malam atau lebih tepatnya pagi buta sampai di Bali dan rencana kita adalah menginap di Bandara, mari mencari lapak buat tedooor,,, oke! kenapa menginap di Bandara karena sebenarnya di Bali sekedar untuk transit, pagi itu juga kita akan ada penerbangan pagi menuju Labuan Bajo.

team kloter pertama sampai ketiga akhirnya ketemu kecuali @bayuendah karena dia penerbangan ke Labuan Bajo siang jadi booking penginapan di dekat bandara.

kita dapat space untuk tidur di ujung dekat penerbangan domestik, semua udah dapat tempat untuk tidur. awalnya gw sama @IndTri_ jaga dan gak tidur, alasannya karena hp sedang di charge tapi apa daya mendekati jam 3 lewat gw pun terlelap. tapi gantinya @IndTri_ dan @parah1ta yang gak tidur.

mendekati subuh sudah mulai ada kehidupan, ada yang fight pagi udah mondar-mandir plus kehebohan kecoa ala @tika_wi yang takut kecoa. ooh iya @tika_wi dan @choccychoccy tidur di bawah pake slepping bag.
niat sarapan KFC dulu nyatanya baru buka jam 8 pagi, agak mepeet yaa penerbangan kita ke Labuan Bajo dengan Aviastar TransNusa jam 8.30.
pesawatnya pun kita pikir akan naik pesawat kecil baling-baling ternyata pesawat jet.
tiket Aviastar DPS- Labuan Bajo Rp 660.000,-
Airport tax Rp 40.000,-
Penerbangan menuju Labuan Bajo kurang lebih di tempuh 1 jam, begitu mendarat udah berasa tuh panasnya hahaha...
bandara udaranya gak terlalu besar hanya ada space kedatangan dan keberangkatan. keliatan banget minimnya wisatawan domestik selebihnya para bule :)

oh iya selama di Labuan Bajo kita akan di guide dan di bantu @thejapra dia baru 3 bulan kerja di Labuan Bajo, sebelumnya anak Jakarta yaaaang ternyata dulunya teman sekantor om @ariandhi teman gw volunter @1001buku dan juga tetangganya @yperdana *oke dunia sempit*

kita sudah di jemput @thejapra menuju penginapan dengan menggunakan ojek, dengan membawa gembolan backpack mari semua ngojek. transportasi di Labuan Bajo dominan ojek atau angkot, jalan raya itu one way atau satu jalur, jadi jalur angkot dan kendaraan yang lain yang melewati hanya muterin pulaunya aja.
naik ojek dari bandara ke penginapan Rp 10.000,-
naik angkot atau masyarakat disini menyebutnya taxi, tarifnya labuan bajo jauh dekat Rp 2.000,-
ini tampak depan hotel penginapan kita, namanya Hotel Matahari iya hanya hotel melati atau penginapan biasa saja. kita pesan 5 kamar selama 4 hari, fasilitas yang disediakan kamar mandi dalam, kipas angin dan breakfast. sarapan yang disajikan itu cuma pancake pisang biasanya dengan penyajian yang lama. di restorannya terdapat wi-fi juga lho. pemandangan dari teras penginapan itu langsung viewnya laut, pelabuhan,,, nicee
tarif kamar Rp 100.000/malam
laundry Rp 15.000/1kg

gaya bicara masyarakat disini jelas mengigatkan gw sama Ose mantan OB gw yang juga berasal dari Flores. masyarakat sekitar hotel beberapa berasal dari Bugis dan notabene muslim, tapi pendatang dari jawa juga banyak, nggak heran pas di jalan ketemu orang ada yang telpon pake bahasa jawa :)

GUA BATU CERMIN
selesai makan siang, menaruh dan merapihkan barang bawaan di kamar, jadwal kami menuju Gua Batu Cermin, lokasinya tidak jauh dari Labuan Bajo kita naik angkot menuju lokasi. sebelum menuju Gua kita melewati hutan bambu dengan jalan aspal dan cornblock yang baik, pengunjung diberikan senter karena di dalam gua sangat kurang pencahayaannya.

Gua Batu Cermin dahulu lokasinya ada di bawah permukaan laut, dan untuk lebih masuk kedalam menuju lokasi gua kami harus menunduk dan jongkok, karena ada
stalagtit diantaranya. di dalam menemukan banyak batu putih yang berkilau mengkilap juga fosil binatang seperti ikan, serta kura-kura yang lengkap masih ada cangkangnya. Selain itu saat ini banyak binatang lain tinggal di dalam gua seperti kelelawar, laba-laba, jangkrik.

masuk semakin kedalam dari bagian gua semakin merunduk dan menyempit, ternyata itu adalah bagian ujung gua yang disebut batu cermin. jika sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan apabila setelah hujan lorong gua digenangi air, Akibatnya cahaya matahari yang masuk tadi akan dibiaskan di genangan air tersebut dan dipantulkan oleh permukaan batu-batuan putih yang mengkilap tadi hingga seperti cermin.
HTM gua batu cermin Rp 5.000,-
harga berbeda untuk wisatawan luar dan lokal
PANTAI PEDE
dari Gua Batu Cermin kami menuju Pantai Pade, mau duduk di pinggir pantai, ngobrol2 dan disini lah @bayuendah baru bergabung dan dia membawa suatu yang special untuk @thejapra yaitu KFC hahahahaa... fyi di Labuan Bajo gak ada fastfood jenis ini,, kalo mau makan ayam bertepung musti terbang dulu ke Bali, mahal di ongkos deeh :)

sore itu kami mau melihat sunset di La Prima Hotel, salah satu hotel besar dan berbintang di Labuan Bajo selain hotel berbintang lainnya ada Bintang Flores Hotel dan Jayakarta Hotel.

sunsetnya baguss ini baru hari pertama lho dan belum 24 jam di Labuan Bajo, udah terkesima bagaimana hari esok yaa :)

malamnya kami tidur cepat,, persiapan buat ngebolang besok :)

Jumat 18 Mei 2012
semangat sekali hari itu karena kami akan LOB (Live on Board) menuju beberapa tempat, kami akan menginap di kapal selama 1 malam karena kalau harus bolak balik itu memakan waktu. di kapal kami sudah dapat fasilitas makan jadi sedikit aman ya untuk urusan perut.

LOB Boat Rp 5.000.000 | 10 orang @ Rp 500.000,-
Selama perjalanan pemandangannya khas bagus banget ada kayak pulau yang di teletubbies itu #haiyaaah
RINCA ISLAND
Pulau Rinca merupakan kawasan Taman Nasional Komodo selain Pulau Komodo dan Pulau Padar. kami akan treking di Loh Buaya, Di Pulau Rinca, populasi Komodo diperkirakan masih sekitar kurang lebih1.000 ekor, populasi terbanyak jelas ada di Pulau Komodo.
Perjalanan dari dermaga Loh Buaya ke Pos Ranger tempat pendaftaran dan pembelian tiket, itu melewati tanah lapang yang kering, tapi tetap pemandangan bukitnya sudah terlihat bagus
sampai di Pos Ranger pendaftaran beli tiket, lalu kami mendengarkan penjelasan tentang pilihan trek yang ada di Loh Buaya ini. Ada yg short, medium, dan long trek. kami memilih untuk long trek yang kemungkinan memakan waktu 2 jam.
tiket Rp 2.500.-
Restribusi Rp 20.000,-
camera Rp 5.000,-
Ranger Rp 100.000,-
treking yang dilalui cukup melelahkan menanjak bukit dan saat kami sampai disana pas tengah hari, panasnya dapaat banget :) huh,,,
sudah setengah perjalanan dan tanjakan kami belum melihat komodo yang lewat, gw rasa komodo juga males keluar panas tengah hari bolong :)

sampai akhirnya ada juga komodo khilaf yang mungkin kelaperan siang2 muncul dekat rombongan, dan pas sang ranger lagi gak di sekitar kami.

long treking, menanjak, panas,, hasilnya cuma ketemu 1 komodo. but hey medekati 'finish' di dekat dapur berkumpul beberapa komodo.

ternyata memang Komodo sering berkumpul di sekitar dapur karena mereka mencium bau ikan/daging/dan lainnya. Oya, Komodo mampu mencium sejauh 5 km lho. Jadi bagi wanita yang sedang haid, sebaiknya menunda trekking atau jika berjalan bersama group sebaiknya berada di tengah.

PINK BEACH
selesai dari Pulau Rinca, kami menuju Pink Beach bersiap untuk snorkeling atau sekedar foto cantik hehehe...
tekstur pasir pink beach memang ada sepuhan warna merahnya cantik, kapal yang kami gunakan tidak bisa merapat di pinggir pantai karena dapat merusak coral yang ada.

arus snorkling agak lumayan kencang jadi lebih memilih merapat di pinggir pantai, cuma yang snorkeling dan bisa ambil foto dan video underwater itu bagusssss banget soft coral, nimo dkk.

selesai bermain-main di Pink Beach kami rombongan menuju Pulau Kalong, tempat kapal akan stay dan kami bermalam disana.

waktu bermalam kapal diisi dengan ada yang menggalau memandangi bintang yang full ribuan di awan atau bermain kartu 'tepok nyamuk' jujur gw baru pertama kali main kartu permainan jenis ini, so no wonder tahap awal musti kalah,, tapi namanya kebersamaan apapun itu pasti hasilnya akan seru dan ketawa gak berhenti-henti di tambah dengan teriakan @thejapra 'queeeeeeennnnn,,,,,' atau kedodolan gw yang tiba-tiba salah jalan hahahahahaha...
selesai capek main tepuk nyamuk gantian madam @choccychoccy buka kartu silahkan daftar yang mau di ramal hehehe..
jam 9 semua udah gelar lapak tidur, gw tidur di dek bawah pake sleeping bag dan entah tengah malam kepanasan dengar ada yng mengigau pula. plus gw kan pake softlens full 12 jam gak dibuka alasannya agak ribet bongkar pasang :) yang ada tengah malam itu lensa sebelah kiri lepas asli itu PR terberat, cairan lensa ada di tas di dalam bagian kapal, soal ngambilnya lebih PR lagi,, untungnya gw ngantongin si cairan tetesan untuk mata dan satu lagi gelaaaaappp jadi nyalain bb dulu dan berusaha masukin si lensa ke mata tanpa kaca cuma sekedar feeling..

untungnya gw tedooor dipingir utak atik semoga gak ada yan terganggu...

Sabtu 19 Mei 2012

ini sunrise di Pulau Kalong

PULAU KOMODO
tujuan kami pagi itu ke Pulau Komodo. pengalaman ke Pulau Rinca yang datang siang bolong plus panas menyengat, lebih memilih ke P.Komodo pagi hari, belum terlalu panas dan bisa bertemu banyak komodonya :)
tapiiii bad news for my body.. saya menstruasi. oke semoga semua baik-baik aja

baru sampai Pulau Komodo kami sudah disambut seekor komodo besar,, woow pastinya di dalam lebih banyak dan seru neeh!! seperti di P.Rinca kami akan di pandu ranger tapi untuk kali ini di pandu 2 orang ranger. pengenalan trek. kembali kami memilih long-trek kecuali @hni_ yang gak ikutan trekking tapi stay di pos awal.. baik-baik kakak hanny.

memasuki jalan hutan yang @dhanu_saputra bilang kayak hutannya Modus Anomali, nggak lama trekking kami menemukan 2 komodo. jelas gw inget untuk gak mendekati.
tekstur trekking di Pulau Komodo lebih bersahabat di banding di Pulau Rinca, treknya lebih datar walaupun tetap ada tanjakan bukitnya.

setelahnya kami bertemu 2 ekor komodo lainnya, posisi gw selalu menjauuh karena ingat sedang itu dan ranger sempat mengingatkan karena handuk yang gw kantongin di belakang itu goyang-goyang yang bisa menarik perhatian sang komodo.

jelang post terakhir kembali kami di sambut komodo besar lagi, kali ini pake heboh karena gak nurut perintah sang ranger untuk pindah tempat :)

intinya treking yag tidak terlalu melelahkan dan banyak Komodo yang kami temui hari itu,,, nice to meet you

biaya Ranger di Pulau Komodo Rp 100.000
kita tidak membayar restribusi lagi karena tiket 'terusan' dari Pulau Rinca
setelah dari Pulau Komodo kembali ke Kapal dan menuju Manta Point maree mau mau liat Manta dan beruntung rombongan sempat melihat Manta.

lanjut snorkeling yaitu ke Pulau Sebayur Kecil, arusnya lagi-lagi agak kencang tapi puas liat underwaternya baguss.. sudah basah-basahan, capek,, saatnya kami kembali ke Labuan Bajo.
tujuan utama jelas MANDI,,, di kapal memang menyediakan kamar mandi tapi gak mungkin untuk mandi, airnya sama aja air laut juga hehehe...

sorenya kita menikmati sunset dari depan teras penginapan

Minggu 20 Mei 2012
Saatnya untuk Hoping Island. kami akan mengunjungi beberapa pulau *semangat

PULAU SABOLO
merupakan pulau yang tidak berpenghuni tapiiiiii itu yang bikin pulau ini semakin cantik. airnya, langitnya semua bergradasi heaven....
dan saatnya untuk foto-foto cantik aja :)

btw kebetulan hari itu @dhanu_saputra ulang tahun, tengah malam sih udah dikerjain siram air. tapi tetep berasa kurang. tambahannya kami minta dia buat merekam video yang sebenarnya itu adalah video ucapan dari #TheKomodos

PULAU KANAWA

ini adalah private Island tapi kalo mau menginap atau kemping diterima kok, pulaunya sangat sangat bagus gak bisa diucapkan aiiiiihhh
rekomended buat yang mau bulan madu atau sekedar menggalau, leyeh-leyeh, enak banget

PULAU BIDADARI
merupakan pulau terakhir yang kita kunjungi, dan Pulau Bidadari ini sudah di kuasai dan di beli oleh Warga negara asing lho. pas kami datang ada beberapa kapal dan pengunjung yang sedang bermain di tepi serta berenang juga.

selesai untuk hoping island saatnya kembali ke Labuan Bajo
sewa boat untuk hoping island Rp 1.500.000
malam terakhir di Bajo, serasa gak mau balik lagi ke kehidupan nyata dan masih akan terbayang si Kanawa hohohooo..
malam special juga kami mau dinner di The Lounge restoran and bar, yang kabarnya punya warga negara Inggris yang sudah menetap di Labuan Bajo.

gw memesan spagetti, yang lain macem-macem pesananannya. waktu menunggu agak lama, tapi pas tersaji, tereeeeeettt porsinya besar banget.
untuk range harga gw rasa relatif gak terlalu yang mahal banget, eeh makan malam abis berapa ya nu?? :)

and btw ini juga trateran ultahnya @dhanu_saputra juga.... wiiih tarerengkyu om Utomo
happy birthday wish you all the best yaaw

Senin 21 Mei 2012
hari liburan terakhir dan jadwalnya pagi itu kami akan ke Air Terjun Cunca Wulan
kami menyewa angkot menuju lokasi dan @hni_ tidak turut serta kembali.

lokasinya lumayan agak jauh, jalan menuju kesana pun super berkelok kelok pegunungan, efeknya @tika_wi mulai ngerasa pusing, dilanjut @bayuendah jackpot.
secara berangkat pagi, angin dan kami sarapan seadanya, yg ada rasanya perut kayak udah di kocok-kocok.

jalan masuknya pun ada kendala batu atau jalan yang tidak mulus, kami sempat turun dulu dari angkot kemudian lanjut naik lagi.

sampai di wilayah Cunca Wulan,, maree bersiap trekking....
oooh oke jalan menurun, melewati hutan, pepohonan, menyebrangi sungai = CAPEK
untuk melihat air terjunnya lagi, harus trekking lagi ooh tidak
gw, @choccychoccy @parah1ta @bayuendah menyerah silahkan yang lain naik untuk melihat air terjun dari dekat

selesai bermain di air terjun saatnya kembali ke penginapan, jalurnya kembali kami harus meloncati batu. tapi musibah tidak ada yang menebak so @parah1ta dan @ucok_pa terbawa arus, gak ada yang cidera berat hanya kacamata @parah1ta yang hanyut terbawa arus.

trekking untuk keluar dari wilayah air terjun itu bikin nafas habis, mau menyerah tapi harus bisaaa... gila capeknya luar biasa :)
cukup sekali sajalah ke Cunca Wulan, gw sih gak merekomendasi ke sana serius capek aja hehehe

transportasi menuju Cunca Wulan Rp 315.000,-
guide Rp 40.000,-
restribusi Rp 10.000,-
kembali ke penginapan,, buru-buru mandi, beberes, langsung check out.
kami nitip barang-barang di penginapan, untuk mencari makan siang dan hunting oleh-oleh.
yang khas dari labuan bajo itu kopi flores, dan pernak pernik berhiaskan komodo.

semua dirasa beres dan gw memutuskan untuk beli oleh-oleh nanti aja di Bandara Ngurah Rai aja.
kami harus menuju Bandara Labuan Bajo karena flight ke Denpasar jam 16.30
dilanjut dari Denpasar ke Jakarta jam 19.45
tiket pesawat Aviastar Labuan Bajo- Denpasar Rp 660.000,-
airport tax Rp 11.000,-
tiket pesawat Citylink Denpasar - Jakarta Rp 477.800,-
airport tax Rp 40.000,-

selesai liburan yang sangat menyenangkan
dengan teman-teman yang menyenangkan
tempat yang menyenangkan beautiful

yang gw share di blog hanya sebagian kecil foto-foto #theKomodo
yang komplit dengan pemandangan plus underwaternya, bisa lihat dari FB @dhanu_saputra klik ini >> FB Foto Dhanu

Nathalee Lullaby said...

hi hi boleh tau nomor tlp guide disana atau tempat penyewaan boat disana ga? pengen juga kesituu :) thanks ya.
natalie 02199188114

hii Natalie
mungkin kamu bisa hubungi teman aku yg kemarin mengatur perjalanan kesana namanya Japra ini emailnya >> thejapra.tumblr@gmail.com

dezz

thejapra said...

Wahhh ceritanya menginspirasi orang2 utk datang ke sini....5 hari kurang puas yah...gw aja 3 bulan masih kurang....

Anonymous said...

hi dezz trims buat infonya :)
hi japra udah di email :D

oke Natalie senang membantu

Toko Online Ramuan Madura said...

mengasyikan banget perjalanannya boss.

Anonymous said...

kereennnn... !!!
kalo ada planing lg bwt brlibur saya rekomendasi ke MUTIS, disana lo bs liat taman bonsai di cagar alam Gunung Mutis (fatumnasi) dll.

BELITUNG MURAH said...

permisi gan....

# OPEN TRIP BELITUNG #

Wisata ke negeri Laskar pelangi, Belitung.
Prov kepulauan Bangkabelitung.

Durasi : 3hari 2malam
Konsep : Hemat
Event : Touring & hoping island
Price : 800.000/pax

UNTUK WAKTU SILAHKAN DIPILIH SESUAI SITUASI & KONDISI YG MEMUNGKINKAN.
SENDIRI /BERDUA BOLEH AJA GABUNG.
25 26 27 MEI 2014
21 22 23 JUNI 2014
08 09 10 AGUSTUS 2014
06 07 08 SEPTEMBER 2014
24 25 26 OKTOBER 2014

Sudah termasuk (INCLUDE) :
Mobil + driver + BBM
Tempat nginap AC + TV (1room ber2)
Boat + Alat snorkl (pelampung+kacamata)
Karcis masuk wisata
1x mie belitung
1x kopi manggar
2x breakfast
4x nasi bungkus

Tidak termasuk (EXCLUDE) :
Tiket pesawat PP “jakarta-tanjungpandan-jakarta”
± 1 – 1,2juta.
Tiket tetap dibeli oleh peserta masing2.
Untuk mendapatkan spot yg lengkap, disarankan :
Arrival : PAGI (citilink 05.55 / sriwijaya 06.20)
Departure : siang 10.00up (garuda/sriwijaya)
Kami siap membantu membelikan tiket dg harga
Sesuai new update.

Schedule :
Hari pertama (belitung timur area)
Tamu akan dijemput dibandara pagi hari.
Menuju penginapan untuk menyimpan bagasi & mencicipi mie belitung.
Pantai burung mandi & vihara dewi kwan im
Makan siang
Kota manggar & ngopi
Bukit samak & pantai lalang
SD laskarpelangi & Museum Kata
Sunset di Tanjung Pendam
Cari oleh” + dinner

Hari kedua (hoping island)
Bukit berahu
Pantai tanjungkelayang & start hoping island
Pulau pasir, pulau batu berlayar, pulau lengkuas, pulau kepayang (lunch-box)
Pantai tanjungtinggi & sunset + dinner

Hari ketiga (kepulangan)
Rumah adat
Danau kaolin
Transfer bandara

Keterangan lebih lengkap silahkan hubungi :
BBM : 219AC6DC / Whatsapp : 081331939505
www.facebook.com/belitung.trip

Salam dari saya pribumi Belitung.

Unknown said...

Keren banget. Desember ini rencan mau kesana. Tp bawa anak 6 thn n nenek2 66 tahu. Memungkin kan ga yaaaa

Hii mbak Liana
Memungkinkan kok,, Labuan Bajo kotanya cukup nyaman :D
Btw perginya pake EO atau mengatur itin sendiri?
Have fun

Unknown said...

Enak pake eo apa gak ya? Soalnya bingung kapal yg ke pulau kanawa

Hii Caprinaa
Kalo kamu bawa pasukan teman2 yg banyak saranku atur sendiri aja.
Kapal ke Kanawa kalo mau menginap di pulau itu mereka ada transport yg antar jemput dari dan ke Labuan Bajo

Unknown said...

Kira-kira kalo solo travel ke sana gimana ya? Seru gak yah?
Terakhir waktu solo travel itu ke Jogja. Awalnya sih mewah pake rental mobil jogja Semberani tapi ke sananya yaa... ngembel haha..

Daniico Wedding Planner Decoration said...

saya heran, dari tadi beklink yang saya ikuti kebanyakan menuju ke trip / wisata.. Mbok iyha sesekali mbahas Rambut Sambungan gitu...

Banyak sekali calon pengantin yang mempercantik dirinya dengan cara memperpanjang rambut, demi pesta pernikahan mereka agar tampil lebih cantik dan mempesona. Kalau ingin mengadakan pesta pernikahan, jangan lupa memesan Dekorasi Pernikahan Semarang dari Saya ya.