MARI BERKEBUN


Mungkin kalau gue ditanya hobby gue apa? Sekarang Berkebun akan gue masukan ke salah satu listnya
Saat ini gue sedikit mengemari yang namanya tanaman, khususnya tanaman hias. Alasannya jelas untuk melanjutkan koleksi ibunda, yah siapa lagi kalo bukan gue. Bapak hmm agak nggak mungkin ya,,, Indah?? kuliah aja pulang malam terus, cuma kalo weekend dia yang bertugas menyiram.

Jadi di rumah gue gak terlalu punya halaman yang luas, tapi dari dulu kita semua suka kalo di rumah tuh ada tanaman hijau. Dan ibu tuh suka banget sama tanaman, dulu kita sempat punya bunga mawar aneka warna, terus anggrek tapi karena anggrek perawatannya sedikit harus telaten jadinya gagal. Media tanam yang gue bunya dominan menggunakan media pot, Setahun terakhir ibu suka sama tanaman hias; Euphorbia, Adenium dan Aglonema. Dulu gue agak cuek dengan urusan kembang, tahu namanya aja nggak gimana ngerawatnya juga.

Dan kemarin selama ibu sakit secara langsung tugas mengurus tanaman jatuh ke gue. awalnya biasa aja gak terlalu memperhatikan detail setiap tanaman, yang ada beberapa ada yang kering & layu, wah kacau niih.. akhirnya dibantu sama tukang tanaman & pot langganan gue diajarin dan dikasih wejangan untuk rajin kasih pupuk. pernah lho gue harus beli kurang lebih 11 kantong pupuk untuk seluruh tanaman
ya abiss tanaman butuh vitamin juga.

tapi lama-lama itu menyenangkan lho!! Disaat tanaman yang kamu tanam berbunga atau muncul tunas baru wiih rasanya tuh puas. Dan hari ini kebetulan gue libur, dari minggu lalu udah kepikiran untuk nambah koleksi kamboja jepang (adenium) karena warna bunga yang sudah punya dirumah kebanyakan merah agak pink. Gue pingin ada variasi lain dan tadi akhirnya gue hunting ke toko kembang,

setelah muter-muter ke beberapa penjual, sejujurnya agak bingung juga semua itu bagus-bagus akhirnya gue beli 2 tanaman; satu warna putih, satu lagi kata abangnya warna my country jadi pinggir luarnya merah agak muda tetapi didalamnya putih. Tadi sih belinya masih kecil dan belum berbunga, soalnya kalo udah berbunga dan agak besar harga jualnya lumayan tinggi.

Gue baru baca artikel PLANTS OF THE YEAR 2006, tanaman yang paling diburu dan laris. Ternyata 3 terbesar ada dikoleksi tanaman gue.

Adenium


Merupakan tanaman hias berbunga paling impresif di daratan rendah. Karena rajin berbunga adenium sangat digemari apalagi perawatannya bisa dibilang mudah. Harus terkena sinar matahari langsung dan untuk menyiraman baiknya 2hari sekali. Karena bila terlalu basah dapat menjadi busuk. Pada awal booming adenium, varietas baru dan bentuk bonggol unik sering jadi rebutan para kolektor.




Euphorbia
Euphorbia warna merah menyala dan kuning bisa dibilang bunga yang banyak dicari walaupun harganya mahal. Tinggi 20cm dengan satu spike bunga harganya berkisar Rp.80.000.

Aglonema
Sudah hampir 5tahun, daun rejeki ini membawa hoki. Banyak yang bilang harga per potnya dihitung berdasarkan banyaknya daun. Dan saat ini daun warna merah yang banyak dicari orang dan harganya pun relative tinggi.

5 comments:

Sultan Dito said...

aih aih...bekebun...cewe bangeeeeeeeet heheheh

pyuriko said...

Jadi skrg ada kegiatan baru lagi nieh,... yaitu, berkebun???

Well,... teruskanlah... siapa tahu nanti bisa dijadikan ladang usaha,.. bisnis tanaman. Apalgi tanaman yg ditanam Dez, bagus2... ada nilai jualnya jg tuh,... hobi sembari bisnis...

gud luck...

Anonymous said...

mahal ya 80.000 mungkin sepadan kali ya ama biaya perawatannya... kayak ikan aja bisa yang cuman 1000 dapet 10 ekor ampe yang per ekornya jutaan... weuiihh, orang kalo dah hobi kadang ngga mikir biaya yang dah dihabisin... :D

Darkpuccino™ said...

hmm.. berkebun... hobi yang sangat indah...

Darkpuccino™ said...

hmm.. berkebun... hobi yang sangat indah...

Post a Comment