Arisan


Tiba-tiba seorang ibu tetangga rumah, datang berkunjung ke rumah
"mbak Des, nanti sore datang ya arisan di rumah saya"
"arisan bulanan bu"
"iya, jarang datang kan!"
"iya sih bu, nanti datang deh Insya Allah"

jadi tadi adalah pemberitahuan atau undangan untuk menghadiri arisan RT ibu-ibu di komplek rumah gue. Sejak ibunda ku nggak ada pastinya semua kegiatannya dulu masih berjalan, dan secara nggak langsung harus dilanjutkan oleh anak-anaknya. Salah satunya arisan ibu-ibu ini, dari bulan lalu kita memang selalu absen untuk hadir paling hanya nitip iurannya aja.

Arisan atau perkumpulan jelas salah satu tujuannya adalah silahturahmi serta mengenal orang-orang terdekat di lingkungan rumah bisa juga diadakan oleh keluarga atau komunitas lainnya. Ini dilakukan rutin satu bulan sekali, dan penetapan warga yang berhak ketempatan atau tempat yang diselengarakan berdasarkan kocokan arisannya. Dan syarat lainnya ya penentuan sejumlah uang yang dikumpulkan dari semua anggota yang ikut dan hasilnya itu diberikan bagi yang beruntung namanya keluar.

Dulu pas sekolah gue sempat buat arisan tuh sama teman satu kelas, uangnya dikumpul perhari nanti baru diakhir minggu atau biasanya hari sabtu dikocok. Hasilnya jelas untuk pelajar ya lumayan!! Kalo saat ini siih gak ada acara arisan antar teman. Kebayang juga arisannya jangan-jangan kayak yg di film arisan itu hehe…

Akhirnya gue datang juga mengikuti arisan yang notabene anggotanya adalah ibu-ibu semua, pengalaman pertama niih dan udah buat perjanjian sama indah (my sist) kita bergilir untuk hadir, jadi bulan depan giliran dia hehe.. gue datang janjian sama tetangga samping rumah, sampai tempat acara beberapa ibu sudah hadir.
Gak lama arisannya Dimulai dari pembukaan dari ibu RT, laporan dari bendahara, dan pembayaran iuran, kemarin sih iurannya ada dua satu iuran untuk arisannya sendiri satu lagi untuk dana social, di pakai jikalau ada warga yg sakit. Dulu sih ibu juga sempat cerita soal ini.

Obrolan kita di arisan seputar sembako dengan harga beras yang melonjak naik, sekolahnya anak-anak, hmm.. lumayan ya sedikit bisa nyambung. Satu hal mungkin kita bisa bergaul atau dapat masuk ke dunia mana aja dalam arti gak ada salahnya juga ngumpul bareng sama dunianya ibu-ibu hehe..
yang seru sih jelas pas arisannya dikocok gitu.. ibu-ibu pada berharap namanya keluar. Gue agak mikir kalo nama nyokap gue keluar bulan depan berarti di rumah doonk!! Ternyata nggak hehe,,

Setelahnya untuk menyeimbangkan pergaulan, gue ada janji kumpul bareng bersama temanku, di Ohlala dan kembali ke dunia semula hehe.. obrolannya jelas berbeda dooonk!!

12 comments:

DeLaKeke said...

Dulu waktu jaman kecil nih, sering tuh ikut Bunda arisan,baik itu arisan keluarga, RT dsb, soalnya pengen makanannya aja sih, enak2 tuh makanannya.
Sekalian bisa kenalan sama ibu2 tuh, hehehe maksudnya anaknya..hahhaha

.:diah:. said...

iyyyaa yaa,, waktu skul dulu jg suka arisan kecil2n... tp yaa.. kadang ada yg suka ngaco gitu.. jadi malees.. upss waktu taun lalu sempet arisan jg d kampus,, niat awalnya arisan buku,, jadi rencananya tiap ada yg dapet harus dibeliin buku.. trus boleh baca bergilir.. ehh tapi pas dapett ada yg gk beli buku,, dasarr yakk hehehhh..


btw hari ini yg dapet arisan sapa mba?? mba Dezz bukan yaa *siap2 mw ditraktir ama mba Dezz* mupeng degh :p

Kana Haya said...

iya, dulu na juga suka ikutan arisan di sekolah ato ama sepupu di rumah... tapi kadang ujungnya minta ibu juga buat nambahin kalo kurang ato keabisan duit buat bayar! :)) akhirnya diomelin!

fareez said...

kalo udah ikut arisan pasti udah siap jadi ibu-ibu.....

Spedaman said...

hihihi,,,,
siap2 jadi ibu2 Dez:p

dulu waktu smp pernah ikutan arisan tp anggotanya ce smua:D
skalian memperluas 'pergaulan' ;)

rime said...

biasanya arisannya anak-anak SMP suka ga beres tuh,, kasian yang dapetnya belakangan,, suka ujung2nya malah ga dapet, hehehe..

Iman Brotoseno said...

khan latihan sebelum jadi ibu ibu kelak

jeng-arisan said...

jeng..jeng...arisan nyok ?!!!

pyuriko said...

Seru gak Dez???
hehehehe.....

bebek said...

wahhhh jadi ibu2 nih ceritanya....
btw semoga arisannya dapet ya... :)

NanTo said...

Sama donk,bulan ini saya juga di daulat untuk ikutan arisan bapak2 coz kakak saya baru aja pindah padahal saya kan masih berondong 21th,,hehehe.. Tapi y sudahlah itung2 menambah pergaulan baru..:)

Des,tukeran link yuk..

Nadiah Alwi said...

huaaaaaaaaa...gak kebayang deh gmana kalo kudu ikut arisan RT di rumah...isinya ibu2 50 tahun ke atas semua (sampe yg 80an aj amasih ikut)

Post a Comment