Trip Sabang Aceh #GoWestGoWeh

Alhamdullilah,, minggu lalu saya berhasil menginjakkan kaki di wilayah barat kepulauan Indonesia. iya tanggal 14-18 November 2012 saya liburan/ngetrip/jalan-jalan/ngebolang ke Banda Aceh.
personilnya untuk kali ini ada 9 orang
Sisil, Endah, Titi, Maya, Icha, Tantri, Ami, dan Dhanu. setengahnya adalah teman yang sama sewaktu pergi ke Pulau Komodo, dan perjalanan kali ini menyebutnya dengan Go West Go Weh

Rabu 14 November 2012.
saya mengambil cuti satu hari untuk perjalanan kali ini, flight menuju Aceh menggunakan Lion Air jam 08.45 berangkat dari Damri Bekasi jam 5 pagi. dengan kondisi mengantuk secara saya hanya tidur kurang dari 3jam saja...
Jadiiiiii malamnya itu saya menonton Coldplay Live di Blitz puas liat Chris Martin gokiiiilll.... staminanya hits lah ayolah ada yang mengundang  mereka konser disini,,,
so Anyway.
kembali ke perjalanan pagi saya menuju Bandara yang lancar dan tanpa kendala. akhirnya berkumpul dengan yang lain di Terminal 1B. kami terbagi 2, team pertama Endah dan Titi berangkat lebih awal menggunakan Garuda, sisanya yang gak dapat tiket promo GA jadilah naik Lion Air

keberangkatan tepat waktu dan perjalanan yang kurang lebih memakan waktu 3jam saya habiskan dengan tedooooorrr,,, bawa buku bacaan dan mp3 siih cuma itu semakin memperlancar jalan untuk tidur.

Tiba di Aceh, tempat tujuan yang akan kami datangi pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman, dari Bandara kami naik bis Damri ongkosnya Rp 15.000 ribu saja.

untuk memasuki kawasan Masjid tersebut harus menggunakan busana muslimah yang sopan.
dress code saya hanya pake kaos, cardigan, celana panjang bahan kaos, pasmina ajaah
menyempatkan untuk sholat Dzuhur dulu dan setelahnya berlanjut kami akan langsung menuju pelabuhan Ulee Lheue untuk menyebrang ke Sabang.

kami menggunakan kapal cepat, jarak waktu tempuh Aceh - Sabang kurang lebih 45 menit. kondisi kapal lumayan padat penuh penumpang, akhirnya kami dapat tempat duduk di luar dengan cuaca yang panas, sedikit gelombang, pokoknya hitslah :))

Sampai di Sabang sudah di jemput mobil untuk ke penginapan, malam pertama dan ke dua kami menginap di Iboih Inn. penginapan yang seru viewnya enak buat leyeh2. dan di depan nya langsung kita dapat berenang cantik atau snorkling

Kamis 15 November 2012
hari ini jadwalnya bermain air,,, Dhanu dan Sisil akan melakukan diving secara mereka sudah punya license. sisanya akan bersnorkling di Pantai Rubiah, tapi sayng sudah sangat semangat untuk snorkling tapi maaf... banyak ubur-uburnya
sejarah Pulau Rubiah Pada era 60-an pulau ini memiliki nilai yang sangat penting untuk masayarakat islam di aceh yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci,di pulau ini dahulu di bangun asrama haji pertama dan bagunan tersebut masih ada sampai sekarang. selain asrama haji dahulu juga terdapat pelabuhan khusus untuk kapal-kapal yang berangkat membawa jamaah haji. waktu tempuh perjalanan haji bisa sampai 2 tahun lho.

selesai dari Pulau Rubiah, kami memutuskan untuk snorkling di depan penginapan saja, sama aja sih ubur-uburnya banyak juga tapi yasudahlah nikmati aja hehehe...

Tugu Nol Kilometer
kami mengunjungi titik baratnya Indonesia, menuju tugu nol kilometer harus melalui jalan yg berliku.
di dekat tugu ada babi hutan yang jadi pusat perhatian pengunjung namanya Bro.
menurut saya perawatan tugu sangat kurang, terdapat banyak beberapa coretan.

dari depan tugu kita bisa memandang hamparan lauut lepas, dan jangan lupa untuk mengurus sertifikat pernah mengunjungi tugu ini, di dalamnya tertera nama dan kamu pengunjung ke berapa :)
Full Team #GoWestGoWeh

malam terakhir di Iboih diisi dengan games tebak tokoh, games ini idenya Titi yang terispirasi Oleg bule yang ikutan trip ke Tanjung Lesung. oke games dimulai semua sudah siap dengan tokoh masing-masing dengan hasil sebagai berikut'
Dhanu - Christian Bale
Maya - Upin Ipin
Sisil - Sailormoon
dan terakhir yang akhirnya kalah dari games yaitu Titi - Rhoma Irama
dapat tantangan untuk diberantakin isi tasnya di waktu terakhir besok kami akan check-in :))

Jumat 16 November 2012
Jadwal kami hari ini adalah mengunjungi beberapa tempat dan berpindah menuju Sumur 3 nanti kami akan pindah penginapan di The Freddies. karena hari jumat maka ada larangan untuk melakukan kegiatan melaut kecuali setelah jam 2 siang.

kami mengunjungi Pantai Gapang, Anoi Itam, Gua Jepang dengan view dari atas itu bagus banget, tadinya kami mau kesebuah air terjun cuma karena jalan menuju air terjun kurang lebih 1km semua menolak untuk ada session tracking :))
di tengah perjalanan kami berhenti dan melihat pemandangan ini dari atas yaitu Pulau Seulako dan Pulau Klah,, terpana lhoo lihat birunyaa
penginapan The Freddies berhadapan depannya adalah Pantai Sumur 3, kembali tempat penginapan kami enak untuk leyeh2,, Sarapan pagi nya adalah masakan yang dibuat langsung oleh Freddies sang pemiliknya.

Sabtu 17 November 2012
Jadwal hari ini adalah kami akan menyebrang ke Aceh dan bermalam di kota Aceh, cuaca Sumur 3 menjelang siang kurang bersahabat, sempat hujan walaupun hanya sebentar.
pengalaman sebelumnya ketika menyebrang naik kapal cepat dengan kondisi yang penuh dan tidak dapat tempat duduk. untuk kali ini kami lebih ngotot datang dan antri dekat kapal, hasilnya semua dapat tempat duduk, tenang, bisa tidur :)

Kembali ke Aceh, satu malam kami akan menginap di Guesthouse kak Linda.
dimulai dengan wisata kuliner dari ayam tangkap, mie aceh (yang pedas buat lidah saya :)), martabak, dan yang juara kopi susu yang manisssssssnya luar biasa :)

Minggu 18 November 2012
hari terakhir di Aceh, untuk kepulangan kami terbagi menjadi 3 team
Endah dan Titi tetap menjadi Team Garuda
Saya, Dhanu dan Sisil - Team Lion
Maya, Icha, Ami, Tantri - Team Sriwijaya
yang jam penerbangannya berbeda semua.

menjelang pulang kami sempat mengunjungi Museum Tsunami, Kapal di atas rumah Lampulo dan PLTD Apung (lengkapnya nanti akan saya ceritain deh,,) tempat-tempat tersebut menjadi saksi sejarah terjadinya Tsunami Di Aceh.
masih banyak tempat yang belum dikunjungi di Aceh, jam 12.15 team Lion sudah siap terbang kembali ke Jakarta. bye Aceh

untuk Trip Aceh agak niat yaa kami buat kaos seragam tulisan depannya
Go West Go Weh dan belakangnya Travel Now.. Think Later

kalo ada yang mau dan berminat bisa hubungi Ami @MeeZmee :))

Soundtrack Trip Aceh :)

Anonymous said...

wah menyenangkan :))

Leetaa said...

seruuu pulaunya bagus
itu lu ngetrip cowoknya cuma satu?

dezz said...

@Tika: iyaaa menyenangkan,, yuklah kita trip bareng lagii

@leta: wooiii nyet apa kbar? iyaa cowok seorangan

Leetaa said...

ndezz.. gw YM'in lu. itu foto propicnya sma Yudha?tssaah

castol said...

tulisan menarik trip sabang aceh

hey Castol. terima kasih

Azia Azmi said...

gw jg mauuu ke Aceh :D *mupeng*

dezz said...

ayoooo cepat kunjungi Aceh Azia :)
menyenangkan disana tapi kalo bisa waktunya lebih banyak