Weight…Exercise…Dietary


Terakhir nimbang badan, gue ngerasa udah kelebihan beberapa kilo, dan minggu lalu nimbang badan lagi TERNYATA aghhh naik lagi waduuuh makin ndut niiih…
Kelebihan beberapa kilo sih cuma untuk gue jelas ketara banget dari pipi, lengan dan terutama perut, untuk gerak itu yang berasa berat aja. Selagi belum terlalu obesitas juga (berharap jangan deeeh!!) Saran terbaik buat gue jelas olahraga teratur, sejak keluar dari tkwd udah mulai jarang yang namanya gerakin badan.
Semua aktivitas lebih yang duduk di belakang meja, banyak ngemil juga.. ya abiiiis…

So lagi benaran diperketat untuk gue mulai dan HARUS rajin olahraga ya paling gak stretching, push-up, sit-up, back-up setiap hari. Selain itu saran dari Indah (my sis) kebetulan dia kan kuliah di Gizi gue juga harus jaga makanan aka diet.

Diet yang di sarankan yaitu Diet Energi Rendah
Yaitu: diet yang kandungan energinya di bawah kebutuhan normal, cukup vitamin dan mineral, serta banyak mengandung serat yang bermanfaat dalam proses penurunan berat badan. Diet ini membatasi makanan padat energi, seperti kue-kue yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan lemak, serta goreng-gorengan. Trauma akan penyakit nyokap juga gue lagi menghindari makanan siap saji dan mie instant.

Tujuan Diet Energi Rendah adalah untuk:
(1) mencapai dan mempertahankan status gizi sesuai dengan umur, gender, dan kebutuhan fisik.
(2) Mencapai IMT(indeks massa tubuh) normal yaitu 18-25 kg/m2. (IMT=berat badan(kg)/Tinggi badan(m2)
(3) Mengurangi asupan energi, sehingga tercapai penurunan berat badan sebanyak ½-1 kg/minggu. Pastikan bahwa yang berkurang adalah sel lemak dengan mengukur tebal lemak lipatan kulit dan lingkar pinggang.

Syarat:
(1) energi rendah, ditujukan untuk menurunkan berat badan. Pengurangan dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kebiasaan makan dari segi kualitas maupun kuantitas. Perhitungan kebutuhan energi normal dilakukan berdasarkan berat badan ideal.
(2) Protein sedikit lebih tinggi, yaitu 1-1.5 g/kg/BB/hari atau 15-20% dari kebutuhan total energi total.
(3) Lemak sedang yaitu 20-25% dari kebutuhan energi total. Usahakan sumber lemak berasal dari makanan yang mengandung lemak tidak jenuh ganda yang kadarnya tinggi.
(4) Karbohidrat sedikit lebih rendah, yaitu 55-65% dari kebutuhan energi total. Gunakan lebih banyak sumber kabohidrat komplek untuk memberi rasa kenyang dan mencegah konstipasi. Sebagai alternative, bisa digunakan gula buatan sebagai pengganti gula sederhana.
(5) Vitamin dan mineral cukup sesuai dengan kebutuhan
(6) Cairan cukup 8-10 gelas/hari

Bahan makanan untuk sehari yang dianjurkan
Beras : 125g/ 2 gls nasi
Telur ayam: 25 g/ ½ butir
Ikan : 100g / 2 ptg sedang
Tempe : 100g / 4 ptg sedang
Sayuran: 250g / 2 ½ gelas
Buah : 500g / 5 potong papaya
Minyak : 10 g/ 1sdm

Contoh Menu sehari seperti di bawah ini.
Pagi/sarapan= roti bakar, scrambled egg, jus wortel dan papaya.
Pukul 10.00= apel,
Siang= nasi, pepes ikan, tumis tempe, sayur asam, lalapan+sambal, jambu biji.
Pukul 16.00= pisang kukus, teh tawar
Malam= kentang panggang, semur ayam, pergedel tahu panggang, setup brokoli buncis, mangga
Tapi kalo di lihat kok menunya jadi yang banyak banget ya!! Tapi semua info diambil Menurut buku adik gue yaitu Penuntun Diet edisi baru karya DR.Sunita Almatsier penerbit Gramedia.
Atau klik

http://www.voanews.com/indonesian/archive/2004-01/a-2004-01-27-5-1.cfm
http://www.kompas.co.id/kesehatan/news/0509/21/103746.htm

ya kali aja info ini sedikit berguna untuk kamu, lebih baik turunin badan sedikit demi sedikit di bandingkan langsung beberapa kilo. kalo mau aman bisa konsultasi lebih sama ahli gizi ' oke!!

3 comments:

Spedaman said...

Des, tau ga caranya naikin berat badan??
coz gw harus naikin berat badan 2 kg dalam waktu 10 hari bwt kejuaraan tkd nih,,,
gmn dunx??

oia gara2 naik sepeda ke kantor 2xseminggu, berat gw turun 5kg dalam 3bulan
tmn gw ada yg lebih parah, gr2 skipping tiap hari, turun 7kg dalam sebulan!!
jadinya dia sekarang malah mo gemukin badan lagi:p

dahlia said...

dezz....kasih sempel dong penu satu hari...ajah

gw tunggu, loh !!!

Blogger said...

New Diet Taps into Pioneering Plan to Help Dieters Get Rid Of 20 Pounds in Just 21 Days!

Post a Comment