Susu Formula


sebelumnya kasih terus semangat tuk TIMNAS sepak bola kita walaupun akhirnya kalah dengan Korea huhu,,

dan baru aja gue liat berita di sebuah stasiun TV, ada seorang ibu yang memberikan air tajin (air bekas cuci beras) sebagai pengganti susu formula. factanya memang berapa minggu ini harga susuk bubuk dan kental manis dari berbagai merek mengalami kenaikan yang rata-rata 5-8%. hal itu jelas banget buat sebagian ibu rumah tangga yang memiliki balita, biaya untuk pembelian susu adalah biaya paling mahal.

secara gue kerja di salah satu Consumer Goods susu, ada aja complain yang katanya produk susu yang dicari tidak ditemukan di supermarket dll.. padahal siih di lain sisi banyak pihak juga yang sengaja menimbun., nah hal itu juga bisa menjadi penyebab alasan kenapa harga susu naik.

tapi ada hal lain juga kenapa harga susu formula naik hal tersebut disebabkan akibat naiknya harga bahan dasar pengolahan susu yang di import dari Selandia Baru dan Australia. kenaikan ini juga dipicu naiknya harga susu dunia dari semula 2000-2500 US$ per ton menjadi 4000-4500 US$, semua akibat kekeringan di Australia.
dan pastinya naiknya harga bahan dasar ini berimbas pada kenaikan harga susu di Indonesia, yang memang bahan dasarnya masih di import dari Selandia Baru dan Australia.

prinsipnya niih harga susu formula yang naik, seharusnya tidak membuat para ibu menjadi resah dan gelisah, karena susu formula hanya sebagai pelengkap (ingat 4 sehat 5 sempurna dooonk!!)
susu formula banyak penggantinya seperti susu kedelai, susu kambing selain itu banyak makan makanan yang mengandung protein dan kalsium. sedangkan untuk bayi di bawah 6 bulan tentu aja tidak ada makanan pengganti lain kecuali ASI.

semoga infonya bermanfaat ya!!

sumber: tabloid Nakita

9 comments:

dee said...

kalo harga susu formula tambah mahal, makin banyak anak yang kurang gizi dong... any solution--selain air tajin*?

*waktu ade gue masih bayi, nyokap gue sering ksh dia air tajin. tapi, kandungan gizinya pasti beda kan..

nashoong said...

zaman sekarang sj susu sudah smahal itu. bagaimana kalau zaman saia? ayo menabung..

Unknown said...

saya waktu kecil aja udah diminumin air tajin karna ga kuat beli susu, huhuhu... makanya sekarang imbasnya jadi sedikit lemot, hahaha...

Anonymous said...

indonesia mah dah ga aneh lagi kalo kalah....
iyah kan??

Anonymous said...

ehh salah kamar.. ternyata ini posting tentang susu... hihihi sorry ibu dezz... :D
sayah ga sengaja salah masuk kamar.. *kaboooor*

Rofiul Hadi said...

iya nih harga susu makin mahal aja.. gimana gw bisa cepet gemuk kalo gini terus :P

hemm setau gue air tajin bukan air yg di gunakan untuk mencuci beras, tapi sisa air yg di ambil saat beras dimasak dan saat mendidih (ini juga kesukaan gw waktu masih sd-smp) jadi gw tau :)

Unknown said...

iyupz.. susu memang penting, tapi ga krusial banget. toh, kandungan nutrisinya bisa digenti dengan makanan lain yang sama sehatnya

pakabar jeung? x)

administrator said...

Yangt susah tuh sebenarnya kalo anak-anak yang harus nyusu sebelum tidur... kalo bapak-bapak??? hehehe... tergantung si Bapak

dezz said...

Anang: yang penting tampil ok mas

dee: banyak makan yang bergizi dan mengandung kalori +protein dooonk!!

isnuansa: hehe,, kasiaan ternyata itulah dampak dari air tajin >> lemot(sory)

bebek: comment bebas om

ippen: jgn2 sampai sekarang masih minum yaa...

kana: setuju.. kabar baik Na..

ayahaksan: aduuuh si bpk niih untungnya ini blog dewasa. btw mau anaknya sehat gak,,

Post a Comment