Cacar Air


apa kamu sudah pernah menderita Cacar Air? ?

gue yang udah 23thn sekarang baru ngalamin yg namanya sakit cacar air. banyak yang bilang sakit cacar sakit yang seumur hidup sekali, kalo sudah pernah sakit maka bisa jadi daya tahan tubuhnya akan kebal dan tidak akan terkena lagi.
sudah 2hari ini gue sakit cacar air, awalnya dari hari minggu lalu pas mau berangkat ke Senayan badan sudah berasa panas dingin, gue kira mungkin ini karena kecapean dari bogor pas hari Sabtunya.

Pulang test badan tuh kok jadi pegal- pegal, pas mandi pun langsung menggigil kedinginan,, wah curiga niih ada yang gak beres sama badan gue.
karena terpikir cuma demam gue minum obat biasa, selesai minum obat langsung tidur. paginya bangun tidur gue nemu benjolan berair di tangan kanan. nggak tau doonk!! dipencet lah..
pagi itu suhu badan lumayan sedikit panas, orang rumah curiga gue demam atau karena kecapean. diperiksa ternyata dipunggung belakang gue nemu benjolan berair lagi.. waah parno niih!! jangan-jangan cacar..

akhirnya langsung diantar bapak, kita ke Dokter, and yup itu cacar air..
dokter bilang gue harus banyak istirahat, kalo bisa terisolasi dari orang2 yang sehat, banyak minum, banyak makan, jaga kebersihan badan, teratur minum obat dan jangan iseng garuk-garuk.

hikmah yang diambil jelas gue punya banyak waktu buat istirahat serta belajar sabar nerima ujian kecil dari Allah, yang jelas banyak rencana kegiatan untuk minggu ini yang terpaksa harus dibatalkan. dan gue juga musti izin tidak masuk kelas javascript sampai gue benar-benar sembuh,, yang ada malah ngulang pelajaran huhu..

dalam suasana kayak gini sendirian di rumah (secara indah kuliah & bapak Kerja) gue kangen ibu, makanya untuk ngelupain itu dari tadi 'komputer & telepon' jadi sahabat terbaik gue dan kayaknya untuk beberapa hari kedepan. browsing sana-sini pastinya cari tau soal penyakit cacar air, telepon curhat sama beberapa orang teman yang pada mau niat nengokin tapi dengan sangat gue tolak.. dari pada nular, gue lagi yang jadi beban.

Cacar Air
DEFINISI
Cacar Air (Varisela, Chickenpox) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil yang datar maupun menonjol, lepuhan berisi cairan serta keropeng, yang menimbulkan rasa gatal.


PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus varicella-zoster.
Virus ini ditularkan melalui percikan ludah penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit.
Penderita bisa menularkan penyakitnya mulai dari timbulnya gejala sampai lepuhan yang terakhir telah mengering. Karena itu, untuk mencegah penularan, sebaiknya penderita diisolasi (diasingkan).

Jika seseorang pernah menderita cacar air, maka dia akan memiliki kekebalan dan tidak akan menderita cacar air lagi. Tetapi virusnya bisa tetap tertidur di dalam tubuh manusia, lalu kadang menjadi aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster.


GEJALA
Gejalanya mulai timbul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi.
Pada anak-anak yang berusia diatas 10 tahun, gejala awalnya berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan pada anak-anak yang lebih muda, gejala pada dewasa biasanya lebih berat.

24-36 jam setelah timbulnya gejala awal, muncul bintik-bintik merah datar (makula). Kemudian bintik tersebut menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, yang akhirnya akan mengering. Proses ini memakan waktu selama 6-8 jam. Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru.
Pada hari kelima, biasanya sudah tidak terbentuk lagi lepuhan yang baru, seluruh lepuhan akan mengering pada hari keenam dan menghilang dalam waktu kurang dari 20 hari.

Papula di wajah, lengan dan tungkai relatif lebih sedikit; biasanya banyak ditemukan pada batang tubuh bagian atas (dada, punggung, bahu). Bintik-bintik sering ditemukan di kulit kepala.
Papula di mulut cepat pecah dan membentuk luka terbuka (ulkus), yang seringkali menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga bisa ditemukan di kelopak mata, saluran pernafasan bagian atas, rektum dan vagina.
Papula pada pita suara dan saluran pernafasan atas kadang menyebabkan gangguan pernafasan.

Bisa terjadi pembengkaan kelenjar getah bening di leher bagian samping.

Cacar air jarang menyebabkan pembentukan jaringan parut, kalaupun ada, hanya berupa lekukan kecil di sekitar mata.
Luka cacar air bisa terinfeksi akibat garukan dan biasanya disebabkan oleh stafilokokus.


KOMPLIKASI
Anak-anak biasanya sembuh dari cacar air tanpa masalah. Tetapi pada orang dewasa maupun penderita gangguan sistem kekebalan, infeksi ini bisa berat atau bahkan berakibat fatal.

Adapun komplikasi yang bisa ditemukan pada cacar air adalah:
- Pneumonia karena virus
- Peradangan jantung
- Peradangan sendi
- Peradangan hati
- Infeksi bakteri (erisipelas, pioderma, impetigo bulosa)
- Ensefalitis (infeksi otak).


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan ruam kulit yang khas (makula, papula, vesikel dan keropeng).


PENGOBATAN
Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol

Untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi bakteri, sebaiknya:
- kulit dicuci sesering mungkin dengan air dan sabun
- menjaga kebersihan tangan
- kuku dipotong pendek
- pakaian tetap kering dan bersih.

Kadang diberikan obat untuk mengurangi gatal (antihistamin).
Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.
Jika kasusnya berat, bisa diberikan obat anti-virus asiklovir.

Untuk menurunkan demam, sebaiknya gunakan asetaminofen, jangan aspirin.
Obat anti-virus boleh diberikan kepada anak yang berusia lebih dari 2 tahun. Asiklovir biasanya diberikan kepada remaja, karena pada remaja penyakit ini lebih berat. Asikloir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam wakatu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.
Obat anti-virus lainnya adalah vidarabin.


PENCEGAHAN
Untuk mencegah cacar air diberikan suatu vaksin.
Kepada orang yang belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar air dan memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi (misalnya penderita gangguan sistem kekebalan), bisa diberikan immunoglobulin zoster atau immunoglobulin varicella-zoster.

11 comments:

Kana Haya said...

sabar ya dezz... moga cepet sembuh... inget jangan digaruk! kalo ga mo punya banyak tanda di sekujur tubuhmu! hwahaha... *untung gw kena cacarnya waktu masih 1 taun!

bebek said...

cacar air?? pernah.... dan nyebelin.. cuman katanya bersukurlah yang pernah kena cacar air, coz akan secara otomatis punya antibodi untuk penyakit itu...
jadi ga bakal kena lagi.. :D]
btw... moga cepet sembuh yaa...

mata said...

disini namanya cangkrangen...
waktu kecil dulu sih
waktu kelas 1 smp ngalaminnya

pyuriko said...

Lekas sembuh Dezz,... kalo cacarnya pecah, jangan digaruk2.... nanti berbekas.

Rian ^H^ said...

Untungnya sih saya kenanya pas SD gitu. Lekas sembuh aja des.
Sarannya, jangan terlalu keras2 ngegaruknya, biar ga ada bekasnya. gatel sih, tapi ya tahan aja deh.

mr.cappuccino said...

beberapa bulan yg lalu saya jg kena cacar air. itu kali pertama seumur hidup.ga bisa kemana2, ga bisa mandi, ga bisa maen, hanya terisolir dikamar sambil garu sana garuk sini.pertama ditularin temen se-kost.trus saya tularin lg ke temen kost yg lain.hehe,,, untung ga satu kost kena cacar.

moga cepet sembuh des!

dezz said...

To SEMUAnya terima kasih perhatiaanya..

Btw kata dokter aku boleh mandi kok asal pake sabun PK dan jangan terlalu keras membasuhnya..

iDi@N - iPpEN said...

heuheue.. gw kena cacr air pas masih kelas 2 sm euy... bener2 gak enak bgt.. muka bopeng2.. :))

tapi kini telah kembali mulus.... :P

chantee said...

duuu...lagi tren ya cacar air...
kok banyak bt yg kena sakit ini, syukur deh aku dah pernah jama SD dulu...:D cepet sembuh ya dezzz

NanTo said...

Memang klo sakit cacar itu lebih cepat itu lebih baik. Klo kenanya pas udah gede,terasa banget siksaan cacarnya..:) Waktu itu saya kena cacar pas mau Midtest,alhasil IP ku jeblok abis..:(

Salam Kenal yach...
:: NanTo - www.nanto.co.nr ::

awaludinarif said...

Kayaknya q baru kena gejalanya nih..
baru bangun tadi ada benjolan dipunggung,kirain semacam jerawat. Eh,dicek bener2 ternyata tu benjolan cacar. Wah,jadi kalangkabut... tau nama obatnya untuk pencegahan ga.??

Post a Comment