Trick Art



Senin lalu sepulang kerja saya bersama Tia melipir sejenak ke Grand Indonesia untuk melihat pameran lukisan 2 Dimensi tetapi menggunakan visual ilusi jadi terlihat seperti 3Dimensi namanya TRICK ART karena benar seperti karya seni yang menipu dan trik banget, pastinya seru dan bikin takjub, lukisannya bagus. :)


sebenarnya apa itu Trick Art??
Trick Art dapat dikategorikan sebagai seni yang memanfaatkan manipulasi daya pandang manusia yang sering disebut sebagai optical illusion. Dengan perpaduan warna, perspektif serta teknik pencahayaan yang detail terciptalah efek 3D mencengangkan yang terbentuk dari rangkaian lukisan pada objek datar.

Tercipta di Jepang pada tahun 1980, Trick Art memanfaatkan tiga unsur utama dalam penciptaan ilusi penglihatan. Ilusi geometry yang mengacu pada konsep struktur benda, ilusi physiological yang merupakan proses antara otak dan mata serta ilusi yang mengedepankan rasa dan alasan yaitu ilusi psychology. Konflik antara tiga ilusi ini menciptakan sudut pandang, perasaan dan akirnya timbul apresiasi baru dan mengejutkan dalam melihat sebuah karya pada objek datar.

S.D. Corporation berhasil mendekatkan masyarakat Jepang dengan seni lukis dan mengembang koleksi mereka pada tahun 1990 dengan mendirikan studio khusus untuk seni lukis Trick Art. Tidak lama setelah itu pameran Trick Art mulai mendunia lewat pameran seni di Singapore, Hong Kong hingga Las Vegas, Amerika Serikat. (sumber:http://acara-event.com/trickartjapan/)
Ada puluhan lukisan yang ditampilkan, gambarnya bermacam-macam ada orang, binatang, bangunan, dll.
Event ini diselenggarakan di Grand Indonesia West Mall Lt.5 dari Tanggal 2 Desember 2012 - 3 Februari 2013 dan saya sedikit yang telat tahunya secara bukan anak GI hehehe...
harga tiket masuknya ada 2 jenis yaitu regular dan Anak-anak/Pelajar.

Harga tiket reguler Senin-Jumat Rp 50,000 dan Sabtu-Minggu Rp 75,000.
sedangkan harga Anak-anak/Pelajar: Senin-Jumat Rp 35,000 dan Sabtu-Minggu Rp 50,000.

Pas saya datang kemarin cukup ramai, paling gak di setiap lukisan yang mau di foto pake ngantri dikit  :p
saya terlihat kecil donk di bandingkan Tia

Tips datang ke Trict Art:
1. Wajib Bawa Kamera
2. Jangan datang sendirian, gak seru bawa teman lah sekalian di suruh foto'in
3. Liat contoh foto di samping lukisan, gaya apa yang sesuai.. atau bisa membuat gaya lain.
4. Bisa mengikuti tanda kuning, tempat memfoto atau tampilan foto terbaik
5. Sepatu atau alas kaki harap di buka, Jika menginjak lukisan agar lukisan tidak kotor
6. Disarankan mengambil foto sedikit menyamping dari objek agar efek 3 dimensi didapat secara maksimal.


0 comments:

Post a Comment